ABSTRAK
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama : Nuriken Setyaningtyas
NIM : 14030174075
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Susanah, M.Pd.
Koneksi matematis adalah hubungan atau keterkaitan antara konsep-konsep matematika, hubungan atau keterkaitan matematika dengan disiplin ilmu lain dan hubungan atau keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis sangat diperlukan dalam setiap belajar matematika. Kemampuan koneksi matematis mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan siswa. Memecahkan masalah berarti menemukan suatu cara menyelesaikan masalah, mencari jalan ke luar dari kesulitan, menemukan cara di sekitar rintangan, mencapai tujuan yang diinginkan, dengan alat yang sesuai. Proses siswa dalam memecahkan masalah, tentunya tidak dapat dipisahkan dari adanya koneksi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi menyebutkan hubungan antar konsep matematika pada masalah matematika, merencanakan penyelesaian dengan membuat peta konsep untuk memecahkan masalah matematika, menggunakan hubungan antarkonsep matematika untuk memecahkan masalah matematika, menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur atau operasi hitung tertentu untuk memecahkan masalah matematika, menerapkan konsep atau prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, mengembangkan ide matematika yang dihadapi dalam konteks kehidupan dan meninjau kembali penyelesaian yang didapat; (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang menyebutkan hubungan antar konsep matematika pada masalah matematika, menggunakan hubungan antarkonsep matematika untuk memecahkan masalah matematika, menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur atau operasi hitung tertentu untuk memecahkan masalah matematika, menerapkan konsep atau prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru, mengembangkan ide matematika yang dihadapi dalam konteks kehidupan dan meninjau kembali penyelesaian yang didapat; (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah menyebutkan hubungan antar konsep matematika pada masalah matematika, menggunakan hubungan antarkonsep matematika untuk memecahkan masalah matematika, menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur atau operasi hitung tertentu untuk memecahkan masalah matematika, menerapkan konsep atau prosedur yang telah diperoleh pada situasi baru dan mengembangkan ide matematika yang dihadapi dalam konteks kehidupan.
Kata kunci: Kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah, kemampuan matematika
ABSTRACT
IDENTIFICATION OF STUDENT’S MATHEMATICS CONNECTION ABILITY IN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING BASED ON MATHEMATICAL ABILITY
Name : Nuriken Setyaningtyas
Student Number : 14030174075
Programme : Bachelor of Mathematics Education
Department : Mathematics
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
University : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dr. Susanah, M.Pd.
Mathematical connection is the relationship between mathematical concepts, the relationship or relevance of mathematics to other scientific disciplines and the relationship or relationship between mathematics and everyday life. Mathematical connections are very necessary in every mathematics learning. Mathematical connection ability has a very important role in student success. Problems solving means finding a way to solve a problem, finding ways to solve, finding a way around an obstacle, achieving the desired goal, with the appropriate tools.
This research was descriptive research with qualitative approach carried out in class VII of SMPN 32 Surabaya in the academic year 2018/2019. The research subjects consisted of one student with high mathematical abilities, one student with moderate mathematical abilities and one student with low mathematical abilities. The research instrument consisted of mathematical ability tests, problem solving tests and interview guidelines. The purpose of this research was to describe the mathematical connection ability of students with high, medium and low mathematical abilities in solving mathematical problems.
The results showed that: (1) Students with high mathematical abilities fulfilled the indicators mentioned the relationship between mathematical concepts on mathematical problems, planned completion by making concept maps to solve mathematical problems, using inter-conceptual mathematical relationships to solve mathematical problems, using conceptual linkages with procedures or certain counting operations to solve mathematical problems, apply concepts or procedures that have been obtained in new situations, develop mathematical ideas faced in the context of life and review the solutions obtained; (2) Students with moderate mathematical abilities are fulfilling indicators mentioning the relationship between mathematical concepts on mathematical problems, using inter-conceptual mathematical relationships to solve mathematical problems, using conceptual linkages with certain calculating procedures or operations to solve mathematical problems, applying concepts or procedures that have been obtained in new situations, developing mathematical ideas faced in the context of life and reviewing the solutions obtained; (3) Students with low mathematical abilities are fulfilling indicators mentioning the relationship between mathematical concepts on mathematical problems, using inter-conceptual mathematical relationships to solve mathematical problems, using conceptual linkages with certain calculated procedures or operations to solve mathematical problems, applying concepts or procedures that have been obtained in new situations and develop mathematical ideas faced in the context of life.
Keywords: Mathematical connection’s abilities, problem solving, mathematical abilities