ABSTRAK
PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF CERITA RAKYAT
BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH
Nama : Arista Sekar Cahyani
NIM : 16020163021
Program Studi : Desain Grafis D III
Jurusan : Desain
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hendro Aryanto, S.Sn.,M.Si.
Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dan berkembang di masyarakat pada masa lampau, yang disampaikan turun-temurun secara lisan. Cerita rakyat bersifat tradisional yang memiliki banyak versi atau variasi, dimana pengarangnya tidak diketahui. Cerita rakyat biasanya disampaikan oleh orang tua maupun guru dengan cara mendongeng. Namun seiring berjalannya waktu kebiasaan mendongeng semakin memudar. Penyebab kebiasaan mendongeng memudar adalah karena kebanyakan orang tua sibuk dengan pekerjaan dan anak-anak lebih memilih bermain gadget.
Bawang Merah dan Bawang Putih merupakan cerita rakyat yang berasal dari Riau. Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih memiliki nilai moral yang menceritakan tentang kakak beradik yang memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Dimana sang adik sering diperlakukan secara tidak adil oleh kakak dan ibu tirinya namun Bawang Putih dengan sabar menghadapinya.
Cerita ini dikemas dalam bentuk sebuah Buku Interaktif. Buku Interaktif merupakan buku dimana pembaca dapat berinteraksi langsung dengan buku. Buku ini memiliki beberapa jenis yaitu coloring books, pop-up books, hidden objects, touch and feel books, dan lift the flap.
Perancangan ini menggunakan metode 5W+1H, melalui proses observasi, wawancara dan kuisioner. Setelah data diperoleh, hasil analisis yang dapat disimpulkan adalah buku cerita rakyat ini harus dibuat berbeda. Media pendukung buku yang dibuat seperti poster, boneka karakter, pembatas buku, mug, botol minum, dan gantungan kunci.
Diharapkan dengan adanya perancangan ini dapat menjadi media edukasi yang baik dan dapat menambah minat baca anak terhadap buku cerita rakyat nusantara.
Kata Kunci: Cerita rakyat, Bawang Merah dan Bawang Putih, Buku, Interaktif, Edukasi.
ABSTRACT
DESIGNING INTERACTIVE BOOK FOLKLORE
SHALLOTS AND GARLIC
Name : Arista Sekar Cahyani
Study Program : Graphic Design D III
Major : Design
Faculty : Language and Art Faculty
Name of Institution : State Univercity of Surabaya
Counselor : Hendro Aryanto, S.Sn.,M.Si.
Folklore are stories that originated and developed in the community in the past, which were passed down through generations orally. Folklore are traditional, which have many versions or variations, where the author is unknown. Folklore are usually delivered by parents and teachers by storytelling. But over time the storytelling habits faded away. The reason the habit of storytelling fades is because most parents are busy with work and children prefer to play gadgets.
Shallots and Garlic are folklore originating from Riau. The story of Shallots and Garlic has moral values that tell about siblings who have very opposite characteristics. Where the younger sister often treated unfairly by his stepsister and stepmother, but Garlic patiently faces her.
This story is packaged in the form of an Interactive Book. Interactive Book is a book where readers can interact directly with the books. This book has several types, such as coloring books, pop-up books, hidden objects, touch and feel books, and lift the flap.
This design uses the 5W + 1H method, through the process of observation, interviews and questionnaires. After the data is obtained, the results of the analysis that can be concluded is that this folk book must be made different. The supporting media for the books such as posters, character dolls, bookmarks, mugs, bottles and key chains.
It’s hoped that this design can become a good educational medium and can increase children's reading interest in archipelago folklore books.
Keywords: Folklore, Shallots and Garlic, Books, Interactive, Education.