Kata Kunci Tayub Adi Laras Manajemen Seni Pertunjukan
Adi Laras merupakan salah satu organisasi Tayub di Malang Adi Laras memiliki keunikan dalam kemasan pertunjukannya Ada dua jenis pertunjukan yang ditawarkan Adi Laras kepada konsumen Pilihan pertama tayuban dalam pilihan yang pertama ini Adi Laras menawarkan sajian Tayuban pada siang hari dan malam dilanjutkan tari remo dagelan dan lagu lagu campursari Sedangkan pilihan kedua Campursarian dalam pilihan kedua ini dari siang sudah diisi den penampilan lagu lagu campursari saja Adi Laras sebagai organisasi kesenian yang profesional bisa memenuhi apapun permintaan konsumen sesuai yang diinginkan Kesanggupan dalam memenuhi permintaan konsumen ini tentunya ada manajemen yang mengatur didalam Adi Laras Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1 Bagaimana latar belakang terbentuknya Tayub Adi Laras 2 Bagaimana manajemen seni pertunjukan pada Tayub Adi Laras di Desa Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung wawancara mendalam dan dokumentasi Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adi Laras beriri sejak tahun 2001 yang dipimpin oleh Sariman Pada awal tahun 2005 Adi Laras memiliki album yang bekerja sama dengan Perna Record Surabaya Setelah album tersebut laris dipasaran kemdian banyak produser produser lainnya yang ingin bekerja sama juga dengan Adi Laras Hingga saat ini Adi Laras sudah memiliki album sekitar 40 album resmi dan bisa juga ditonton melalui youube Dari album-album itulah yang membuktikan bahwa Adi Laras merupakan kelompok kesenian Tayub yang profesional dalam mengelola seni pertunjukan Adi Laras mengelola orgasinya dengan menerapkan fungsi manajemen yaitu perencnaan planning pengorganisasian organizing penggerakan actuating dan pengawasan controlling
Keyword Tayub Adi Laras Performing Arts Management
Adi Laras is one of the Tayub organizations in Malang Adi Laras is unique in the packaging of the show There are two types of shows offered by Adi Laras to consumers The first choice is tayuban in the first choice Adi Laras offers Tayuban offerings during the day and night followed by remo dance dagelan and campursari songs As for the second choice of Campursarian in the second option from the afternoon it was filled with just the appearance of the campursari songs Adi Laras as a professional arts organization can fulfill any consumer demand as desired The ability to meet consumer demand is of course there is maagement that regulates in Adi Laras The problems in this research are 1 What is the background for the formation of Tayub Adi Laras 2 How is the management of performing arts at Tayub Adi Laras in Talok Village Turen District Malang Regency The approach taken in this study is a qualitative approach Data obtained by data collection techniques through direct observation indepth interviews and documentation To test the validity of the data is done by source triangulation
The results of this study indicate that Adi Laras was founded in 2001 led by Sariman In early 2005 Adi Laras had an album that collaborated with the Surabaya Prime Record After the album sold well in the market then many other producers wanted to work together with Adi Laras Until now Adi Laras already has an album of around 40 official albums and can also be watched via YouTube From those albums that prove that Adi Laras is a Tayub art group that is professional in managing performance art Adi Laras manages his organization by implementing management functions namely planning organizing actuating and controlling