Pemanfaatan Media Sosial Quora untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI
Utilizing Quora Social Media for Explanatory Text Learning for XI Grade Students
Pendidikan berbasis teknologi dan internet telah bertransformasi menjadi komponen wajib dalam pembelajaran era pandemi. Quora adalah media sosial yang berpotensi menjadi fasilitator ilmu pengetahuan berbasis teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan Quora dan mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan Quora Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menghadirkan data berupa persentase motivasi belajar berdasarkan empat aspek motivasi Marilyn K. Gowning dan tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa hasil observasi, angket respons, dan nilai hasil belajar siswa mengenai teks eksplanasi dan pemanfaatan Quora. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) nilai persentase motivasi belajar siswa senilai 87,5% yang dikategorikan “Sangat Baik” dan kebermanfaatan fitur-fitur yang dimiliki oleh Quora dalam pembelajaran senilai 84,6% yang dikategorikan “Sangat Baik”, dan (2) distribusi nilai hasil belajar seluruh siswa dengan nilai rata-rata tes 1 yaitu 98,53/100 dan tes 2 yaitu 88,2/100 yang melampaui Ketuntasan Kompetensi Minimal (KKM) SMAN 19 Surabaya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: pembelajaran inovatif, quora, teks eksplanasi.
Technology and internet-based education has transformed into a mandatory component of formal learning in pandemic era. Quora has the potential to become a facilitator of technology-based knowledge that can be used by all education sectors. This study aims to utilize Quora in explanatory text learning for XI students. This study used a descriptive method by presenting data in the form of a percentage of learning motivation based on four aspects of Marilyn K. Gowning's learning motivation and student learning outcomes tests. The data analyzed in this study were in the form of observation sheets, response questionnaires, and student learning outcomes regarding explanatory text and the use of Quora. The results obtained in this study are: (1) the percentage value of learning motivation is 87.5% which is categorized as "Very Good" and the usefulness of the features possessed by Quora in learning is 84.6% which is categorized as "Very Good" and (2) distributed learning outcomes of all students with an average score of test 1 which is 98.53 / 100 and test 2 of 88.2 / 100 which exceeds the Minimum Competence Completeness (KKM) of SMAN 19 Surabaya in Bahasa Indonesia subjects of explanatory text.
Keywords: innovative learning, quora, explanatory text