ABSTRAK
Faizin,
A. 2024. Strategi Perguruan Tinggi
Swasta Berbasis Pesantren dalam Membangun Brand Image (Studi Multi Situs
Di Universitas Qomaruddin dan Universitas Kiai Abdullah Faqih). Disertasi
Porgram Doktor Universitas Negeri Surabaya, Promotor (1) Prof. Dr. Yatim
Riyanto, M.Pd, Co promotor (2) Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd.
Keywords: Strategi, Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi
Swasta Berbasis Pesantren, Brand Image
Dalam menjalankan
proses pendidikan, sebuah Institusi pendidikan tinggi memerlukan strategi dalam
membangun brand image , hal ini dikarenakan brand image yang
positif dapat memberikan implikasi yang signifikan terhadap berbagai aspek guna
membangun landasan yang kokoh bagi pertumbuhan dan keberlanjutan pendidikan
tinggi.
Adapun
sub fokus dari dipaparkan dalam pertanyaan berikut ini: 1) bagaimana strategi
perguruan tinggi swasta berbasis pesantren dalam membangun Brand Image 2) Faktor yang membentuk brand
image dari sudut pandang perguruan tinggi swasta berbasis pesantren dan 3) Model
strategi membangun brand image perguruan tinggi swasta berbasis
pesantren di Universitas Qomaruddin dan Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Penelitian kualitatif merupakan suatu
metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna-makna yang dilekatkan oleh
individu dan kelompok tertentu terhadap isu-isu sosial atau kemanusiaan.
Hasil Temuan penelitian adalah
sebagai berikut: 1) Strategi
Universitas Qomaruddin dan Univeristas Kiai Abdullah Faqih dalam membangun brand image adalah melakukan langkah -langkah sebagai
berikut ;
a. strategi menentukan
positioning melalui analisis lingkungan startegi ,
b. strategi menentukan
diferensiasi perguruan tinggi , c. strategi perumusan identitas
perguruan tinggi mencakup nilai-nilai yang ada di dalam logo, motto dan warna desain
visual . 2) Faktor faktor yang membentuk brand image
dari sudut pandang perguruan tinggi swasta berbasis pesantren, adalah sebagai berikut, a. Kualitas
Akademik, b. Lingkungan Pesantren: Place , c. Pemasaran Pendidikan: central
figure , d. Jaringan Alumni, dan Kerja Sama
dan e. Pembiayaan Pendidikan. 3) Model strategi membangun brand image
pendidikan tinggi swasta berbasis pesantren, dibentuk dengan beberapa hal sebagai
berikut, a. Integrasi Pondok Pesantren dan
Perguruan Tinggi, b. Mutu Akademik Perguruan Tinggi, c. Kerja Sama Alumni, d. Hubungan
Masyarakat: Penyelarasan lingkungan .