Studi Kepustakaan Tentang Prokrastinasi Akademik dan Kontrol Diri Siswa SMA
Literature Study About Academic Procrastination and Self-Control of High School Students
Siswa SMA sebagai makhluk yang berada pada fase peralihan antara fase anak-anak menuju fase kedewasaan tentu memerlukan perhatian khusus dalam proses mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya. Adapun kewajiban-kewajibannya dalam memaknai proses belajar mengajar di sekolah. Sebagai seorang siswa pasti akan dituntut untuk secara umum memahami tugas-tugasnya sebagai seorang remaja dan sebagai seorang siswa. Disekolah sangat penting bagi siswa untuk mentaati peraturan yang ada, seperti mengerjakan tugas tepat waktu, mengolah dan belajar mengendalikan kontrol diri sendiri. Siswa memiliki peran penting dalam memajukan kehidupan bangsa dan negara, oleh sebab itu yang menjadi fokus utama seorang siswa adalah belajar mengemban ilmu pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan berdasarkan 10 sumber jurnal sebagai fokus penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai jurnal dan artikel yang terpercaya dengan menggunakan teknik Content Analysis dengan menganalisis bagian dari isi sebagai bahan referensi yang valid dan berdasar pada konteks selaras (Kripendoff, 1993) dalam (Mirzaqon T. Abdi & Purwoko, 2018). Hasil dari pembahasan yakni terdapat berbagai faktor yang menimbulkan siswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik salah satunya yakni rendahnya kontrol diri yang dimiliki siswa. prokrastinasi dan kontrol diri siswa dapat di perbaiki dengan adanya bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Dengan danya bimbingan maka dapat meminimalisir perilaku irrasional.
Kata Kunci: studi kepustakaan, prokrastinasi akademik, kontrol diri
High school students as beings who are in a transitional phase between the children's phase to the adult phase certainly require special attention in the process of recognizing themselves and their surrounding environment. The obligations in interpreting the teaching and learning process in schools. As a student, you will definitely be required to generally understand your duties as a teenager and as a student. At school, it is very important for students to obey existing regulations, such as doing assignments on time, processing and learning to control self-control. Students have an important role in advancing the life of the nation and state, therefore the main focus of a student is learning to carry out education. Through a qualitative approach, this research was carried out using a literature study method based on 10 journal sources as the focus of research. The data sources used in this study were obtained from various trusted journals and articles using the Content Analysis technique by analyzing part of the content as valid reference materials and based on the context in harmony (Kripendoff, 1993) in (Mirzaqon T. Abdi & Purwoko, 2018). ). The results of the discussion are that there are various factors that cause students to perform academic procrastination behavior, one of which is the low self-control that students have. students' procrastination and self-control can be improved with guidance and counseling by counselors in schools. With the guidance, it can minimize irrational behavior.
Keywords: study library, academic procrastination, self-control