Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik REBT untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Ponorogo
Group Counseling with REBT Techniques to Reduce Academic Procrastination Behavior in Class XI Students of SMAN 1 Ponorogo
Prokrastinasi akademik yaitu fenomena umum di kalangan siswa sekolah menengah keatas. Hal ini mengacu pada
kecenderungan siswa untuk menunda-menunda tugas dan kegiatan akademik, meskipun mengetahui bahwa hal itu
dapat berdampak negatif pada kinerja akademik mereka. Sehingga, tujuan yang dimiliki penelitian ini yaitu agar
dapat mengetahui tingkatan efektivitas atas konseling dengan berkelompok melalui metode REBT agar bisa
meminimalisir sikap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ponorogo. Penelitian
dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November dengan pertemuan selama 3 (tiga) kali. Metode yang dipakai
dalam menjalankan penelitian ini yaitu berupa pendekatan dengan wujuddeskriptif kuantitatif melalui sebuah
desain “pre-experiment one-group pre-post test” menggunakan 5 (lima) siswa sebagai subjek penelitian yang
dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa terdapat penurunan
dalam perilaku prokrastinasi akademik setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik REBT
berdasarkan rata-rata hasil dari pemberian perlakuan pada nilai pre-test 122,4 > post-test 100,2 yang memiliki ratarata penurunan sebesar 22%. Agar perilaku prokrastinasi akademik dapat direduksi lebih maksimal, diharapkan di
penelitian selanjutnya perlakuan diberikan lebih dari 1 (satu) siklus dan terus adanya monitoring pada perilaku
tersebut.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik, REBT
Academic procrastination is a common phenomenon among high school students. This refers to a student's tendency
to procrastinate on academic tasks and activities, despite knowing that doing so can negatively impact their academic
performance. Thus, the purpose of this study was to determine the effectiveness of group counseling REBT
technique to reduce academic procrastination behavior in grade XI students at SMAN 1 Ponorogo. The research
was conducted from October to November with meetings for 3 (three) times. The method used in this study is a
quantitative descriptive approach with a one-group pre-post test pre-experiment design using 5 (five) students as
research subjects selected with purposive sampling techniques. Based on the results of the study, data were obtained
that there was a decrease in academic procrastination behavior after being given group counseling services with the
REBT technique based on the average results of treatment at pre-test scores of 122.4 > post-test 100.2 which had
an average decrease of 22%. In order for academic procrastination behavior to be reduced more optimally, it is
expected that in future studies treatment will be given more than 1 (one) cycle and there will continue to be
monitoring of the behavior.
Keyword : Academic Procrastination, Group Counseling, REBT