PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL UNTUK JURUSAN USAHA LAYANAN PARIWISATA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
English for Specific Purpose (ESP) diajarkan berdasarkan kebutuhan peserta didik yang berkaitan dengan latar belakang profesi mereka. Penelitian sebelumnya melakukan needs analysis dan mengembangkan materi yang berkaitan dengan kompetensi Pariwisata dengan menggunakan bahasa Inggris, tetapi tidak ada yang mengembangkan buku ajar bahasa Inggris berdasarkan silabus resmi pemerintah, khususnya menggunakan Kurikulum Merdeka dengan topik yang berhubungan dengan Pariwisata. Beberapa penelitian telah mengembangkan materi bahasa Inggris untuk Jurusan Pariwisata dengan menggunakan modul elektronik, tetapi tidak ada yang membuat materi berbasis flipbook. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan materi yang dibutuhkan oleh mahasiswa Jurusan Pariwisata dalam belajar bahasa Inggris berdasarkan analisis kebutuhan, 2) menganalisis kualitas yang berkaitan dengan konten, tata letak, multimedia, kemudahan penggunaan, dan keterbacaan materi berbasis flipbook digital yang dikembangkan untuk mahasiswa Jurusan Pariwisata, dan 3) mengeksplorasi kesesuaian materi berbasis flipbook digital yang dikembangkan untuk mahasiswa Jurusan Pariwisata dengan Kurikulum Merdeka dan SKKNI Nomor 221 Tahun 2023.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap yaitu menganalisis, mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi berdasarkan Richey & Klein (2007). Pada penelitian ini, DDR dikolaborasikan dengan model pengembangan materi oleh Richards (2017). Subjek penelitian ini adalah siswa Jurusan Pariwisata di Jawa Timur, guru Bahasa Inggris, dan Kepala Jurusan Pariwisata di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Seni, dan Teknologi juga dilibatkan sebagai validator.
Hasil temuan menunjukkan beberapa hal. Pertama, terkait dengan hasil analisis kebutuhan, siswa Jurusan Pariwisata melaporkan bahwa mereka kurang dalam memproduksi teks recount dan report, terutama dalam bentuk verbal. Para siswa juga kurang kompeten terkait dengan kompetensi Pariwisata dalam bahasa Inggris. Selain itu, para siswa perlu dipersiapkan dengan keterampilan berbicara, teknologi, media sosial, dan aspek-aspek lain dari Kurikulum Merdeka. Kedua, kualitas konten, tata letak, dan multimedia flipbook memenuhi kriteria yang divalidasi oleh para ahli di bidangnya masing-masing, dengan beberapa perbaikan terkait aspek tata letak dan multimedia. Flipbook ini juga mudah dibaca dan mudah digunakan oleh siswa sasaran. Ketiga, materi berbasis flipbook bahasa Inggris yang dikembangkan selaras dengan Kurikulum Merdeka dan SKKNI Nomor 221 Tahun 2023.
Kesimpulannya, materi berbasis flipbook bahasa Inggris yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kebutuhan siswa, dan selaras dengan Kurikulum 2013 dan SKKNI Nomor 221. Masukan dari para validator terkait kualitas flipbook menunjukkan bahwa flipbook layak digunakan dengan beberapa perbaikan.
English for Specific Purpose (ESP) is taught based on the learners’ needs related to their professional background. Previous research conducted needs analyses and developed materials related to Tourism competencies using English, but none created an English coursebook based on the official government syllabus, specifically using an Emancipated Curriculum with Tourism-related topics. Several studies have developed English materials for the Tourism Department using electronic modules, but none created flipbook-based materials. To address this gap, this study aims 1) to describe the materials needed by the Tour and Travel Department students in learning English based on the needs analysis, 2) to analyze the quality related to the content, layout, multimedia, user-friendliness, and readability of the digital flipbook-based materials developed for Tour and Travel Department students, and 3) to explore the alignment of the digital flipbook-based materials developed for Tour and Travel Department students with Emancipated Curriculum and SKKNI Number 221 of 2023.
The research design implemented in this study was Design and Development Research (DDR) consisting of four stages namely, analyze, design, develop, and evaluate by Richey & Klein (2007). In this study, DDR was collaborated with the material development model by Richards (2017). The subjects of this study were Tour and Travel Department students in East Java, the English teacher, and the Head of Tour and Travel Department in one of Vocational High School. The English, Art, and Technological Education lecturers were also involved as the validators.
The findings indicated several points. Firstly, related to the needs analysis results, Tour and Travel Department students reported that they lacked producing recount and report texts, particularly in verbal forms. The students also lacked Tourism competencies in English. Additionally, the students need to be prepared with speaking, technology, social media, and other aspects of the Emancipated Curriculum. Secondly, the quality of the content, layout, and multimedia of the flipbook met or exceeded the criteria outlined by experts in their respective fields, but required several improvements related to layout and multimedia aspects. The flipbook was also readable and user-friendly for the target students. Thirdly, the English flipbook-based materials developed aligned with the Emancipated Curriculum and SKKNI Number 221 of 2023.
In conclusion, the English flipbook-based materials developed in this study have met the students’ needs, and aligned with the Emancipated Curriculum, and SKKNI Number 221 of 2023. The feedbacks from the validators related to the quality of the flipbook indicate that the flipbook is worth using with several improvements.