PERAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PRODUKTIF DI BIDANG TATA BUSANA
THE ROLE OF THE DRILL METHOD IN PRODUCTIVE LEARNING IN THE FIELD OF FASHION
Metode drill merupakan cara mengajar dengan memberikan latihan secara intens, berulang, dan berkelanjutan terhadap materi yang dipelajari siswa untuk mencapai suatu keterampilan tertentu. Artikel Literatur Review ini bertujuan untuk membahas peran metode drill dalam pembelajaran produktif di bidang tata busana berdasarkan penelusuran artikel pada google schoolar yang dilakukan di Indonesia mulai dari tahun 2012 hingga 2020. Diperoleh ±110 artikel dengan judul yang terkait, kemudian dilakukan identification, screening, dan eligibility melalui kriteria inklusi dan eksklusi sehingga dipilih sebanyak 8 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil studi literatur menemukan bahwa metode drill berperan dalam 1) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam sub kompetensi mengukur badan pria, sub kompetensi membuat pola rok, sub kompetensi menggambar proporsi tubuh, sub kompetensi pembuatan hiasan busana, dan sub kompetensi pembuatan belahan golbi celana wanita, 2) Meningkatkan aktivitas siswa pada sub kompetensi menggambar busana pria, sub kompetensi pembuatan pola dasar dadan wanita, dan 3) Meningkatkan aktifitas guru dalam sub kompetensi menggambar proporsi tubuh.
Kata Kunci: metode drill, pembelajaran produktif di bidang tata busana
The drill method is a way of teaching by providing intense, repetitive, and continuous practice of the material students are learning to achieve a certain skill. This Literature Review article aims to discuss the role of the drill method in productive learning in the field of fashion based on searches for articles on google schoolar conducted in Indonesia from 2012 to 2020. Obtained ± 110 articles with related titles, then carried out identification, screening, and eligibility through inclusion and exclusion criteria so that 8 articles that are relevant to the research objectives were selected. The results of the literature study found that the drill method played a role in 1) improving student learning outcomes in the sub-competence measuring men's bodies, the sub-competency in making skirt patterns, the sub-competency in drawing body proportions, the sub-competency for making clothing decorations, and the sub-competence for making women's golbi pants, 2 ) Increasing student activity in the sub competency of drawing men's clothing, the sub competency of making basic patterns of female dress, and 3) Increasing teacher activity in the sub competency of drawing body proportions.
Keywords: drill method, productive learning in the field of fashion