ABSTRAK
Kata-kata kunci: Media Flashcard, Konsep Bilangan, Keaksaraan.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media flashcard yang layak untuk meningkatkan perkembangan anak dalam pengenalan konsep bilangan dan keaksaraan pada anak usia TK A, mengetahui keefektivitas media flashcard untuk meningkatkan perkembangan anak dalam mengenal konsep bilangan dan mengetahui keefetivitas media flashcard untuk meningkatkan perkembangan anak dalam keaksaraan.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, dengan lima tahap: analyze, design, development, implement, evaluate. Setelah produk awal seslesai dilakukan evaluasi formatif (validasi kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media) dengan skala Guttman. Pada tahap akhir dilakukan evaluasi sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : produk dikatakan layak oleh ahli materi dan dilakukan revisi oleh ahli media, setelah direvisi produk dikatakan layak. Hasil pretest dan posttest yang diuji dengan uji Ngain score diperoleh sebagai berikut : rata-rata pengenalan konsep bilangan 5: 0,5784, bilangan 6: 0,5588, bilangan 7: 0,5625, bilangan 8: 0,5784, bilangan 9: 0,6422, bilangan 10: 0,5650. Hasil intrepretasi adalah average maka pengenalan konsep bilangan pada anak usia TK kelompok usia A terindeks rata-rata dapat dikatakan efektif dan efisien. Rata-rata pengenalan keaksaraan (nama bilangan) five: 0,5729, six: 0,5294, seven: 0,5686, eight: 0,5686, nine: 0,5882, ten: 0,5882. Hasil intrepretasi adalah average maka pengenalan keaksaraan (nama bilangan) pada anak usia TK kelompok usia A terindeks rata-rata dapat dikatakan efektif dan efisien.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media flashcard efektif dan efisien untuk meningkatkan pengenalan konsep bilangan dan keaksaraan pada anak usia TK A.
Key words: Flashcard Media, Concept of Numbers, Number word.
This study aims to produce appropriate flashcard media to improve child development in the introduction of the concept of numbers and number words in kindergarten A, knowing the effectiveness of flashcard media to improve children's development in recognizing the concept of numbers and knowing the effectiveness of flashcard media to improve children's development in number words.
This study uses a development research model using the ADDIE model, five stages: analyze, design, development, implement, evaluate. Formative evaluation as the initial result emerges. The end of stages summative evaluation The results of the pretest and posttest that were tested by the Ngain score test were obtained as follows: average introduction to the concept of number 5: 0.5784, number 6: 0.5588, number 7: 0.5625, number 8: 0.5784, number 9: 0.6422, number 10: 0.5650. The results of the interpretation are average so the introduction of the concept of numbers in kindergarten A indexed on average means effective and efficient. The average number words: five: 0.5729, six: 0.5294, seven: 0.5686, eight: 0.5686, nine: 0.5882, ten: 0.5882. The results of the interpretation are average for number words in kindergarten A indexed on average means effective and efficient
Based on the results of data analysis, it can be concluded that flashcard media is effective and efficient to improve the introduction of the concept of numbers and number words in kindergarten A.