DEVELOPMENT OF NATURE SCIENCE TEACHING BOOKS BASED ON MIND MAPS TO TRAIN CREATIVE THINKING LEARNERS IN ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRAK
Rian Ningsih Pramunita. 2020. Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Peta Pikiran untuk Melatih Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd., dan (II) Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.
Kata Kunci : Buku Ajar, Peta Pikiran, Berpikir Kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis peta pikiran untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Dasar. Materi yang dikembangkan adalah materi pengaruh kalor terhadap benda yang terdapat pada materi kelas V di Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4D yang mempunyai tahapan yaitu, (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebaran. Desain ujicoba menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan antaranya lembar validasi, lembar tes, dan kuesioner.
Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid ditinjau dari hasil validitas buku yang memeroleh kategori sangat valid pada komponen kelayakan isi, kategori valid pada komponen kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kelayakan kegrafikan serta uji keterbacaan yang dilakukan dengan menggunakan formula fry mendapatkan hasil yang sesuai dengan pembaca. Buku ajar yang dikembangakn juga dinyatakan sebagai buku ajar yang praktis ditinjau dari angket respon peserta didik dengan modus kategori baik. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan efektif ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif yang meningkat dari pre-test yang memeroleh presentase sebesar 28% meningkat pada post-test menjadi 58,2% dengan N-gain ketuntasan kategori sedang.
Berdasarkan pembahasan hasil dan temuan-temuan disimpulkan bahwa buku ajar IPA berbasis peta pikiran yang telah dikembangkan pada materi pengaruh kalor terhadap benda layak digunakan untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Dasar.
ABSTRACT
Rian Ningsih Pramunita. 2020. Development of nature science teaching books based on mind maps to train creative thinking learners in elementary school.
Thesis, Study Program of Basic Education, Postgraduate of Surabaya State University. Adviser: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd., and (II) Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.
Keywords: Teaching books, mind maps, creative thinking.
This research aims to produce a mind-based teaching book product to train the creative thinking of learners in elementary school. The material developed is the heat influence material of the objects contained in the fifth-grade material in elementary school.
The research method used is the development research method with reference to the model 4D which has a stage that is, (1) definition, (2) design, (3) development, (4) dissemination. Trial design using One Group Pre-Test Post-Test Design. Data analysis techniques using quantitative descriptive data analysis. The instruments used include validation sheets, test sheets, and questionnaires.
The teaching books developed is stated to meet the valid criteria reviewed from the results of the validity of the book which has a very valid category on the content eligibility components, the valid category on the components of presentability, the eligibility and the feasibility of the graphic and the legibility test conducted using the formula Fry get the results that correspond to the reader. The developed teaching books are also a practical teaching book reviewed from the learners' response polls with good category mode. Developed teaching books are also effectively reviewed from the increased creative thinking skills of a pre-test that has a percentage of 28% increased in post-test to 58.2% with N-gain in the moderate category.
Based on the discussion of the results and findings concluded that the natural sciences teaching books based on mind maps that have been developed on the material of the heat influence to the object deserves to be used to train creative thinking students in elementary school.