STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK HADRAH SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI GEDANGAN
STUDY ON THE IMPLEMENTATION OF HADRAH MUSIC ART LEARNING FOR STUDENT WITH VISUAL IMPAIRMENT IN SLB NEGERI GEDANGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni musik hadrah bagi siswa tunanetra di SLB Negeri Gedangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada subyek yaitu kepala sekolah, guru kesenian, dan guru hadrah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik hadrah masuk pada mata pelajaran SBdP yang dilaksanakan dengan metode demonstrasi, drill dan kooperatif. Materi yang diberikan terdiri atas vokal dan musik yang bermedia bass, bass tam, keplak, tamborin, rebana dan keyboard piano. Siswa tunanetra dapat mengikuti pembelajaran seni musik hadrah dengan baik serta dapat menyesuaikan dengan materi dan alat musik hadrah yang digunakan, hal ini ditunjukkan dari performa siswa tunanetra yang mampu memahami materi vokal dengan baik yaitu pelafalan teks sholawat, kesesuaian nada, tempo, power dan kesesuaian dengan musik. Selain itu siswa dapat mengenal materi musik hadrah di antaranya yaitu akurasi dan bunyi pukulan, kesesuaian dengan rumus hadrah, power, tempo, dan kesesuaian dengan vokal.
Kata Kunci: Siswa tunanetra, Pembelajaran seni, Musik hadrah
This study aims to describe the implementation of hadrah music learning for students with visual impairment at Gedangan State Special School. The research method used is descriptive qualitative research. Data was collected through observation, documentation and interviews with the subjects, namely school principals, art teachers, and hadrah teachers. The data analysis technique used in this research is interactive data analysis, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that hadrah music learning was included in the SBdP subject which was carried out using demonstration, drill and cooperative methods. The material provided consists of vokals and music with the media as bass, bass tam, keplak, tambourine, tambourine and piano keyboard. Student with visual impairments can take part in hadrah music learning well and can adapt to the hadrah material and musical instruments used, this is shown by the performance of students who are able to understand vokal material well, namely the pronunciation of the sholawat text, suitability of tone, tempo, power and conformity with music. In addition, students can get to know hadrah music material including accuracy and sound of blows, conformity with hadrah formulas, power, tempo, and compatibility with vokals.
Keywords: Student with visual impairment, Art learning, Hadrah music