Studi Kepustakaan Peran Pola Asuh Orang Tua Demokrasi dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa saat Pandemi
Literature Study The Role Of Democratic Parenting Patterns in Providing Student Learning Motivation during Pandemic
Semenjak adanya pandemi pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam pendidikan, yakni pembelajaran tatap muka dilakukan secara terbatas. Kebijakan tersebut berlaku untuk jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi. Dengan adanya kebijakan tersebut dan dari hasil pengamatan peneliti saat melaksanakan PLP di sekolah ditemui terjadinya penurunan motivasi belajar pada siswa seperti tidak memperhatikan saat kegiatan kegiatan belajar baik saat luring maupun daring, tidak mengerjakan tugas yang sudah diberikan guru, bosan dan tidak semangat dengan kegiatan belajar baik saat daring maupun luring. Sedangkan motivasi merupakan faktor penting yang berperan dalam keberhasilan belajar. Siswa di sekolah hanya 4 sampai 5 jam sisanya 18 sampai 19 jam berada di rumah saat pandemi. Oleh karena itu, orang tua dituntut memberikan pola asuh yang dapat mendorong siswa mempunyai motivasi belajar yang baik. Adapun pola asuh yang ideal digunakan adalah jenis demokratis yang memberi batasan pada anak tetapi juga membuat siswa bertanggung jawab dalam aktivitas belajarnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran orang tua demokrtais dalam memberikan motivasi belajar pada siswa saat pandemi. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian yaitu terdapat beberapa upaya orang tua pola asuh demokratis dalam memberi motivasi belajar siswa saat pandemi seperti memberikan kebebasan dalam bermain dan mengeksplorasi kemampuan, memberikan pendampingan dalam belajar,dan menjalin komunikasi secara intensif.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Studi Kepustakaan, Motivasi Belajar
Since the pandemic, the government has issued several policies in education, namely face-to-face learning is limited. This policy applies to the PAUD to Higher Education levels. With this policy and from the observations of researchers when carrying out PLP in schools, it was found that there was a decrease in students' learning motivation, such as not paying attention to learning activities both offline and online, not doing the assignments given by the teacher, bored and not enthusiastic about good learning activities. both online and offline. While motivation is an important factor that plays a role in learning success. Students at school only 4 to 5 hours the remaining 18 to 19 hours at home during the pandemic. Therefore, parents are required to provide parenting styles that can encourage students to have good learning motivation. The ideal parenting style used is the democratic type which places limits on children but also makes students responsible for their learning activities. Therefore, the purpose of this study was to examine the role of democratic parents in providing learning motivation to students during a pandemic. The type of research method used is library research. The method of data collection in this research is documentation. While the data analysis technique used is content analysis. The results of the research are that there are several efforts of democratic parenting parents in motivating students to learn during a pandemic such as giving freedom to play and explore abilities, providing assistance in learning, and establishing intensive communication.
Keywords: parenting style, Literature Study, Learning Motivation