FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEORI PJOK DI KELAS
FACTORS CAUSING STUDENT BURN OUT IN LEARNING PJOK THEORY IN CLASS
Pembelajaran teori PJOK di kelas seringkali menimbulkan kejenuhan, yakni suatu kondisi fisik dan emosional siswa yang tidak mampu memproses informasi dan pengalaman baru akibat suatu tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kejenuhan pada pembelajaran teori PJOK dan mengetahui faktor apa yang dominan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen dengan jenis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 69 peserta didik di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo, terdiri dari 20 laki-laki dan 49 perempuan yang diambil menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 43 butir pernyataan. Data dianalisis dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kejenuhan siswa dalam pembelajaran teori PJOK meliputi faktor minat yang lemah, keyakinan diri, motivasi diri, kecemasan diri, kesadaran diri, pembelajaran monoton, orang tua, konflik di lingkungan sekolah, perlakuan guru, dan sarana prasarana. Adapun faktor dominan yang menjadi penyebab kejenuhan siswa adalah karena lemahnya minat siswa, pembelajaran yang monoton dari guru, dan faktor orang tua.
Learning physical education theory in the classroom often causes burnout, which is a physical and emotional condition of students who are unable to process new information and experiences due to pressure. This study aims to find out what factors cause burnout in learning physical education theory and find out what factors are dominant. This study uses a non-experimental quantitative approach with a descriptive type. The sample in this study were 69 students at SMA Al-Islam Krian Sidoarjo, consisting of 20 boys and 49 girls who were taken using purposive sampling. The instrument in this study used a questionnaire with 43 statement items. Data were analyzed by multiple regression. The results showed that the factors that influence student burnout in learning physical education theory include factors of weak interest, self-confidence, self-motivation, self-anxiety, self-awareness, monotonous learning, parents, conflicts in the school environment, teacher treatment, and infrastructure. The dominant factors that cause student burnout are due to weak student interest, monotonous learning from teachers, and parental factors.English translation.