PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSALAFI AL-FITHRAH SURABAYA
PRACTICE OF PANCASILA VALUES IN THE LIVES OF STUDENTS AT THE ASSALAFI AL-FITHRAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN SURABAYA
ABSTRAK
Akbar Rayhudu Prince Twindhar
Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya
Skripsi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
2025
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan santri. Santri, yang merupakan pelajar di pesantren, diharapkan tidak hanya menguasai ilmu agama tetapi juga menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini membahas tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengamalan nilai Pancasila di dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai di dalam Pancasila tidak hanya diajarkan sebagai mata pelajaran, tetapi juga diterapkan dalam etika dan perilaku dalam kehidupan santri. Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan persatuan menjadi landasan dalam interaksi sosial di pondok. Penelitian ini menyimpulkan bahwasanya pondok pesantren juga sangat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, sehingga santri dapat menjadi individu yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Kata Kunci : Pancasila, Pondok Pesantren, Santri, Nilai-nilai, Kehidupan
ABSTRACT
The Practice of Pancasila Values in the Lives of Santri
at Assalafi Al-Fithrah Islamic Boarding School, Surabaya
Thesis
Faculty of Social Sciences and Political Science
Pancasila, as the foundation of the Indonesian state, plays an important role in shaping the character and values of the lives of santri. Santri, who are students at Islamic boarding schools, are expected not only to master religious knowledge but also to apply the principles of Pancasila in their daily lives. This research discusses the practice of Pancasila values in the lives of students at Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. The purpose of the research is to understand how the values of Pancasila are practiced in the learning process and daily life of the students. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. Data collection methods through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that the values in Pancasila are not only taught as a subject but also applied in the ethics and behavior in the lives of the students. The values of divinity, humanity, and unity serve as the foundation for social interactions at the boarding school. This research concludes that Islamic boarding schools also play a very important role in instilling the values of Pancasila, so that students can become individuals with noble character and contribute positively to society.
Keywords: Pancasila, Islamic Boarding Schools, Students, Values, Life