Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola dan jaringan sosial usaha penginapan di Kawasan Wisata Songgoriti. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan menggunakan analisis teori Jaringan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha penginapan esek esek memiliki pola tersendiri sebagai strategi mendapatkan pelanggan. Pola yang terbentuk terdiri atas pola pelaku pelanggan dan tempat mereka melakukan usaha penginapan tersebut. Jaringan terbentuk atas tiga jaringan sosial yaitu jaringan paguyuban, jaringan calo dan jaringan penjaga villa. Ketiganya memiliki cara dan aturan berbeda sekaligus memiliki sitem khusus menjaga rahasia usaha penginapan “esek-esek”. Sehingga dalam ketiga jaringan ini lebih mengacu pada logika ekonomi daripada persoalan moralitas.
This study to identify patterns and social networks of lodging businesses in the Songgoriti Tourism Area. The research method used is qualitative by using social network theory analysis. The results showed that the Esek Esek lodging business had its own pattern as a strategy to get customers. The pattern formed consists of the pattern of the perpetrator of the customer and the place where they conduct the lodging business. The network is formed on three social networks, namely the community network, the network of brokers and the network of villa guards. All three have different ways and rules as well as having a special system to keep the secret of the "esek-esek" lodging business. So that in these three networks it refers more to economic logic than to morality.