Implementasi Aplikasi Busuu Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI IPA di SMAN 12 Surabaya
The Implementation of the Busuu App in Speaking Skill German Language Class XI IPA At SMAN 12 Surabaya
Abstrak
Dalam proses pembelajaran bahasa seringkali ditemui bahwa motivasi belajar peserta didik masih mengalami naik turun terutama pada keterampilan berbicara khususnya pelafalan.Hal tersebut disebabkan oleh 1.) metode yang digunakan cenderung menggunakan metode kovensional dan perlu adanya peningkatan variasi 2.) media pembelajaran yang digunakan dalam beberapa kesempatan masih kurang inovatif sehingga motivasi belajar siswa pada beberapa materi sedikit menurun. Sehingga dilakukan penilitian ini untuk menjawab masalah 1.) Bagaimana implementasi media berbasis aplikasi android Busuu sebagai salah satu upaya peningkatan keterampilan berbicara dalam pelatihan lafal (Aussprache Training) bahasa Jerman di SMAN 12 Surabaya? 2.) Bagaimana hasil belajar peserta didik SMAN 12 Surabaya setelah diterapkannya aplikasi Busuu untuk mendukung peningkatan keterampilan berbicara dalam pelatihan lafal (Aussprache Training) bahasa Jerman?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi "Busuu", dan hasil belajar Keterampilan berbicara Bahasa Jerman Kelas XI IPA SMAN 12 Surabaya. Hasil penelitian terhadap implementasi Busuu menunjukkan peningkatan yang baik. Pada pertemuan pertama mendapatkan total skor 47 dengan persentase 62%, kemudian meningkat menjadi 52 dengan persentase 69,33% kategori "baik". Dari hasil tes keterampilan berbicara terlihat peningkatan dari pertemuan pertama dan kedua. Pada pertemuan pertama, rata-rata nilai siswa 68,35 dan pertemuan kedua nilai siswa 76,95. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai siswa pada pelafalan mereka mengalami peningkatan karena nilai tersebut berada di atas KKM di SMAN 12 Surabaya.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, Implementasi Busuu, hasil belajar siswa
Abstarct
In the language learning process, it is often found that students learning motivation still experiences ups and downs, especially in speaking skills, especially pronunciation. This is due to: 1.) The methods used tend to use conventional methods, and there is a need for increased variation. 2.) The learning media used on several occasions are still less innovative, so that student learning motivation in some materials decreases. So this research was conducted to answer the problem. 1.) How is the implementation of Busuu Android Application-based media as an effort to improve speaking skills in German pronunciation training (Aussprache Training) at SMAN 12 Surabaya? 2.) How are the learning outcomes of students of SMAN 12 Surabaya after the implementation of the Busuu application to support the improvement of speaking skills in German pronunciation training (Aussprache Training)? The purpose of this study was to determine the implementation of Application-based media (Bussuu) and the learning outcomes of German Language Skills Class XI IPA SMAN 12 Surabaya. The results of the research on the implementation of Busuu showed a good improvement between the first and second meetings. In the first meeting, Busuu Application got a total score of 47 with a percentage of 62%, which then increased to 52 with a percentage of 69.33%. This can be said to fall into the „good" category and has been well implemented. From the results of this exam, there was a clear improvement between the first and second meetings. At the first meeting, the average student score was 68.35, and at the second meeting, the student score was 76.95. So it can be said that the students' score on their Speaking test has increased because the score is above the KKM at SMAN 12 Surabaya.
Keywords: Speaking skill, Busuu Implementation, student learning results