ABSTRAK
Teguh Mulyana, 2019. Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Pecahan Desimal. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd. (2) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan Siswa, Pembagian Pecahan Desimal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan desimal di Kelas V SDN Manukan Wetan 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data, untuk mendapatkan data atau informasi langsung berkenaan dengan jenis dan faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pembagian pecahan desimal melalui kegiatan analisis jawaban tes, serta melalui kegiatan wawancara. Untuk validasi data dilakukan triangulasi anara hasil tes dan hasil wawancara.
Triangulasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan data yaitu dengan melakukan metode wawancara yang ditunjang dengan data dokumen tes diagnostik. Hal ini dilakukan dengan cara membandingkan data yang diperoleh dari hasil tes dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan subyek, dengan tujuan untuk memperoleh keabsahan data tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan desimal adalah sebagai berikut : Jenis kesalahan konseptual, faktor penyebabnya yaitu Faktor penyebab kesalahannya adalah: (1) Subyek belum dapat menerapkan arti pembagian pecahan, yang seharusnya. Dari 29 orang siswa peserta tes, ada 12 orang siswa atau 41,38% yang melakukan kesalahan (2) menyelesaikan operasi pembagian pecahan terutama menyederhanakan pecahan. Dari 29 orang siswa peserta tes, ada 14 orang siswa atau 48,97% melakukan kesalahan. (3) Subjek belum bisa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal. Dari 29 orang siswa peserta tes, ada 20 orang atau 69,66% melakukan kesalahan. Jenis Kesalahan Prosedural, Faktor penyebab kesalahannya adalah: Subjek tidak menguasai perkalian, terutama yang melibatkan perkalian bilangan diatas 10 dan belum menguasai pembagian. Dari 29 orang siswa peserta tes, ada 14 orang siswa atau 48,97% melakukan kesalahan.
ABSTRACT
Teguh Mulyana, 2019. Analysis of the Errors of Class V Students in Resolving the Problem of Decimal Fraction Distribution. Thesis of Postgraduate Basic Education Study Program, Surabaya State University. Supervisor: (1) Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd. (2) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd.
Keywords: Analysis of Student Errors, Division of Decimal Fractions
This study aims to determine the factors that cause students to mistake in solving the problem of decimal fraction division in Class V SDN Manukan Wetan 1 Surabaya. This research is a qualitative descriptive study with data, to get data or information directly regarding the types and factors of students' errors in solving the problem of counting operations of decimal fraction distribution through the analysis of test answers, as well as through interviews. For data validation, triangulation was conducted between test results and interview results.
Triangulation conducted in this study is the triangulation of methods and data that is by conducting interview methods that are supported by diagnostic test document data. This is done by comparing data obtained from test results with data obtained from interviews with subjects, with the aim of obtaining the validity of the data.
The results showed that the types of errors and the factors causing errors made by students in solving the problem of decimal fraction division are as follows: Types of conceptual errors, the causal factors namely Factors causing the errors are: (1) Subjects have not been able to apply the meaning of fraction division, which should be. Of the 29 students who took the test, there were about 12 students or 41,38% who made a mistake (2) completing fraction distribution operations, especially simplifying fractions. Of the 29 students who took the test, there were about 14 students or 48,97% made mistakes. (3) Subjects cannot change ordinary fractions to decimal fractions. Of the 29 students who took the test, there were about 20 people or 69,66% made mistakes. Types of Procedural Errors, Factors causing the error are: (1) The subject does not master multiplication, especially those involving multiplication of numbers above 10 and do not master division. Of the 29 students who took the test, there were about 14 students or 48,97% made mistakes.