ABSTRAK
Okfitasari,
Luluk Wahyuning. 2020.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Terpadu Tipe Connected Berbasis Pendekatan Saintifik
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.V. Roesminingsih, M.Pd dan (II) Dr.
Suhanadji, M.Si.
Kata-kata Kunci : LKPD, Model Terpadu Tipe Connected , Pendekatan Saintifik, Hasil
Belajar Siswa, IPS.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model terpadu tipe connected berbasis pendekatan saintifik yang layak digunakan,
praktis dilaksanakan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS bagi
siswa kelas IV SD dengan 10 langkah, yaitu (1) Mengidentifikasi tujuan
pembelajaran (2) Melakukan analisis pembelajaran (3) Menganalisis karakter
siswa dan konteks pembelajaran (4) Merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5)
Mengembangkan instrumen penilaian (6) Mengembangkan strategi pengajaran (7)
Mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) Merancang dan mengembangkan evaluasi
formatif (9) Merevisi pembelajaran (10) Merancang dan mengembangkan evaluasi
sumatif.
Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa LKPD model terpadu tipe connected
berbasis pendekatan saintifik layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan
hasil rata-rata validasi mencapai silabus 3,41 rata-rata validasi RPP 3,43 dan
rata-rata validasi LKPD 3,38 dengan kategori baik dan dapat digunakan dengan
sedikit revisi. Penerapan LKPD model terpadu tipe connected berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran
menunjukkan hasil yang sangat praktis. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata
validasi angket tanggapan siswa mencapai 3.34 dengan
keterangan baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. H asil observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 3,41 dengan
kategori baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Validasi lembar observasi aktivasi siswa mencapai 3,3
debgan keterangan baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.
Pengembangan LKPD model terpadu tipe connected berbasis pendekatan saintifik
sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan
dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran kelas IV SDN
Simomulyo VII/104 mencapai skor total 88,5 % dan hasil nilai gain (g) diperoleh
rata-rata 0,5548 dengan kategori sedang . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD dengan model
terpadu tipe connected berbasis p endekatan s aintifik lebih baik daripada dengan LKPD yang
lama dengan kategori sedang.