Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan mendorong proses pembelajaran untuk lebih aplikatif dan menarik untuk kualitas pendidikan. Salah satu cara untuk mendorong tercapainya pembelajaran yang efektif, maka digunakanlah media pembelajaran. Penggunaan perangkat mobile yang menyeluruh memberikan peluang penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pada pengembangan media pembelajaran mobile learning pada materi blow vertical berbasis Android pada siswa kelas X kecantikan SMK Negeri 6 dan respon siswa pada pengembangan media pembelajaran mobile learning pada materi blow vertical berbasis Android pada siswa kelas X kecantikan SMK Negeri 6. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan 8 tahapan yaitu: 1) potensi & masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian.
Metode Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket, selanjutnya media diuji cobakan kepada kepada 27 siswa kelas X kecantikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning pada materi blow vertical berbasis Android berdasarkan penilaian: 1) aspek media memperoleh skor 4,3 termasuk kategori “layak”, 2) aspek video memperoleh skor 4,6 termasuk “sangat layak”, 3) aspek materi memperoleh skor 4,4 termasuk kategori “layak”, dan 4) aspek Bahasa memperoleh skor 4,6 termasuk kategori “sangat layak”. Hasil rata-rata keseluruhan 4,4 dengan kategori “layak”. Respon siswa terhadap media pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan skor 4,59 dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran blow vertical berbasis Android ini berkualitas untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.
Kata kunci: mobile learning, Android, blow vertical, R&D
The development of science and technology in the world of education encourages the learning process to be more applicable and interesting as an effort to improve the quality of education. One way to encourage the achievement of effective learning is to use learning aids or commonly called media. The number of students who own and use mobile devices, the greater the chance of using technology devices in the world of education. This study aims to develop mobile learning media on Android-based blow vertical subjects in class X beauty students of State Vocational High School 6. This research is a research or development (R & D) research with 8 stages, namely: 1)search and information collecting; 2)Planning; 3)Develop preliminary form of product; 4)preliminary field testing; 5)operational field testing; 6)operational product revision 7)operational product revision; 8)main field testing.
Sources of data is collected by interview, observation and questionnaire, then the developed media was, as well as 27 in class X beauty students. the results of the study show that the level of feasibility of mobile learning media on blow subjects vertical based on Android assessment: 1) media aspect obtain a score of 4.3 is included in the "proper" category; 2) the video aspect scored 4.6 including "very proper"; 3) the aspect material obtained a score of 4.4 including "proper" category; 4) language aspects get a score of 4.6 including the category " very proper". Overall by getting a score of 4.4 are categorized as "proper". Student response to this media when tested the average shows a positive response by getting a score of 4.59 with very proper category. thus the media of mobile learning on blow subjects vertical based on Android this is proper of being used as a medium learning class.
Keywords: Mobile learning, Android, blow vertical, R&D