PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 TRAWAS MOJOKERTO
THE INFLUENCE OF LEARNING DISCIPLINE ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN SMP NEGERI 2 TRAWAS – MOJOKERTO
Abstrak
Disiplin belajar merupakan usaha untuk menanamkan kesadaran pada setiap individu tentang tugas dan tanggung jawabnya agar menjadi orang yang bersedia dan mampu menanggung setiap tanggung jawab yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik di SMPN 2 Trawas Mojokerto dan perbedaan hasil belajar pada peserta didik perempuan dan laki-laki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A, VII B, VIII A, VIII B, IX A, dan IX B sejumlah 12 peserta didik. Instrumen penelitian ini dikembangkan berdasarkan teori disiplin belajar yang disusun dalam skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik Independent Sample Test dan uji regresi Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat disiplin belajar antara peserta didik laki- laki dengan perempuan ditunjukkan dari hasil uji SPSS yaitu nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Kata Kunci: Disiplin belajar, Hasil Belajar, siswa SMP
Abstract
The discipline of learning is an effort to instill awareness in each individual about their duties and responsibilities so that they become people who are willing and able to bear every responsibility they have. This study aims to determine the level of discipline of students at SMPN 2 Trawas Mojokerto and the differences in learning outcomes for female and male students. This study uses a type of survey research. The subjects of this study were 12 students in class VII A, VII B, VIII A, VIII B, IX A, and IX B. This research instrument was developed based on the theory of learning discipline arranged in a Likert scale. The analysis technique used was the Independent Sample Test statistical test and the regression test. The results of this study indicated that there were differences in the level of learning discipline between male and female students as indicated by the SPSS test results, namely a significance value of less than 0.05.
Keywords: Discipline of study, Learning Outcomes, junior high school students