PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN RAGAM HIAS SIDOARJO PADA LOGAM ALUMINIUM DI SMAN 1 WRINGINANOM
THE DEVELOPMENT OF SIDOARJO ORNAMENTAL VARIETY LEARNING VIDEO ON ALUMINIUM METAL AT SMAN 1 WRINGINANOM
Perkembangan zaman memberikan pengaruh terhadap kemajuan teknologi. Dalam dunia pendidikan teknologi menjadi bagian sangat penting karena dapat membantu proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi sangat dibutuhkan bagi pendidik guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini kurangnya perhatian pendidik terhadap penggunaan media ajar dan kurangnya pengenalan ragam hias dalam pembelajaran seni budaya di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran guna memberikan informasi secara lengkap kepada siswa dengan materi ragam hias serta terdapat proses penerapan ragam hias Sidoarjo pada logam aluminium. Pengembangan video pembelajaran menggunakan metode Research & Development (R&D). Proses pengumpulan data berupa observasi, wawancara, pre-test, post-test, hasil berkarya siswa, kuisioner, dokumentasi, validasi data dan validasi produk. Hasil uji validasi video pembelajaran oleh ahli materi perolehan prosentase sebesar 94,6% dan ahli media dengan prosentase 98% keduanya masuk dalam ketegori indikator sangat layak. Video pembelajaran yang sudah divalidasi diuji cobakan kepada 10 siswa kelas XI SMAN 1 Wringinanom. Hasil penelitian dibuktikan melalui hasil pre-test dan post-test, perolehan prosentase pre-test sebesar 64,2% dan post-test sebesar 89,2%. Selain itu juga didukung dengan hasil berkarya ragam hias pada aluminium oleh siswa sebesar 83% dan 95% untuk kuisioner.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Ragam Hias Sidoarjo, Logam Aluminium
Abstract
The passage of time has an impact on technological development. In the field of education, technology plays a critical role in making learning more effective and efficient. Educators must employ learning mediathat is technologically sophisticated to increase the quality of learning. In this study’s research questions, educators pay less attention to the use of instructional media and the absence of introduction to ornamental arts and culture in schools. The goal of the research is to create instructional videos that will give students comprehensive information on decorative materials and the method of applying Sidoarjo embellishments to aluminium metal. The development of learning videos uses the Research and Development (R&D) method. The process of collecting data is in the form of observation, interviews, pre-test, post-test, student work, questionnaires, documentation, data validation and product validation. The findings of the learning video validation tes by material experts received a percentage of 94.6% and media experts received a percentage 98%, putting them both in the category of highly feasible indicators. The verified learning video was evaluated on 10 SMAN 1 Wringinanom class XI students. The study’s findings were supported by the results of the pre-test and post-test , with a pre-test percentage of 64.2% and a post-test percentage of 89.2%. It is also backed up bye the findings of 83% of students’ ornamental work on metal and 95% for the questionnaire.
Keywords: Learning Video, Sidoarjo Decorative Work, Aluminium Metal