ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT SERTIFIKASI HALAL PADA PELAKU UMKM DI JAWA TIMUR
ANALYSIS OF FACTORS INFLUENCING INTEREST IN HALAL CERTIFICATION IN SMSE IN EAST JAVA
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat sertifikasi halal pada pelaku UMKM di Jawa Timur. Pada penelitian ini menggunakan variabel pemahaman sertifikasi halal, kesadaran halal, dan biaya sertifikasi halal. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk google form. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yakni pelaku UMKM makanan dan minuman yang berdomisili di Jawa Timur khususnya Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, serta Lamongan, dan telah menjalankan usaha selama 2 tahun atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pemahaman sertifikasi halal dan kesadaran halal berpengaruh terhadap minat sertifikasi halal pada pelaku UMKM di Jawa Timur. Ketika pemahaman sertifikasi halal dan kesadaran halal meningkat maka minat sertifikasi halal pada pelaku usaha juga meningkat. Secara simultan pemahaman sertifikasi halal, kesadaran halal, dan biaya sertifikasi halal berpengaruh terhadap minat sertifikasi halal.
This study aims to analyze the factors that influence interest in halal certification in MSME actors in East Java. This study uses the variables understanding halal certification, halal awareness, and halal certification costs. Using quantitative methods with multiple linear regression analysis. The data used in this study is primary data obtained through the distribution of questionnaires in the form of Google form. Sampling used a purposive sampling technique with sample criteria namely food and beverage MSME actors who are domiciled in East Java, especially Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, and Lamongan, and have been running a business for 2 years or more. The results of the study show that partially the understanding of halal certification and halal awareness has an effect on interest in halal certification among MSME actors in East Java. When the understanding of halal certification and halal awareness increases, the interest in halal certification for business actors also increases. Simultaneously understanding of halal certification, halal awareness, and costs of halal certification affect interest in halal certification.