PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERBASIS PERMAINAN SIRKUIT
UNTUK SISWA SMP
DEVELOPMENT OF FLOOR GYMNASTICS LEARNING METHODS BASED ON CIRCUIT GAMES
FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Nusi Ading. 2021. Pengembangan metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit untuk siswa SMP. Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Nanik Indahwati, M.Or dan pembimbing (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.
Kata-kata kunci: Metode Pembelajaran senam lantai dan permainan sirkuit
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu monotonnya metode mengajar guru PJOK di sekolah SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit bagi peserta didik. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan (1) Pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi (6) Uji kelompok besar (7) Revisi produk (8) Produk final. Subjek uji coba produk adalah siswa SMP Tahfidzul Qur’an Darul Hijrah 2 Pasuruan.
Data hasil validasi dosen ahli senam untuk metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit dengan skor 88 kategori sangat baik. Data hasil validasi ahli pembelajaran PJOK SMP untuk metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit dengan skor 86 kategori sangat baik. Data hasil validasi guru PJOK untuk metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit dengan skor 87 kategori sangat baik. Untuk uji coba lapangan aspek pengemasan metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit guru di SMP Tahfidzul Qur’an Darul Hijrah 2 Pasuruan memberikan respon dengan skor 58 kategori baik dan guru kedua dengan skor 57 kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan metode pembelajaran senam lantai berbasis permainan sirkuit untuk siswa SMP layak untuk digunakan oleh guru PJOK.
Nusi Ading. 2021. Development of a circuit game based floor exercise learning method for junior high school students. Sports Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor (1) Dr. Nanik Indahwati, M.Or and supervisor (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Keywords: Learning Method of floor gymnastics and circuit games This research is motivated by too monotonous teaching methods of PJOK teachers in junior high schools. This study aims to produce a product of the circuit game-based floor gymnastics learning method for students. This type of research is research and development. This research was conducted through the stages of (1) gathering information (2) planning (3) developing the initial product (4) small group trial (5) revision (6) large group test (7) product revision (8) final product. The subject of the product trial was the students of Tahfidzul Qur'an Middle School Darul Hijrah 2 Pasuruan. Data from the validation results of gymnastics expert lecturers for the circuit game-based floor gymnastics learning method with a score of 88 very good categories. The data from the expert validation of SMP PJOK learning for the circuit game-based floor gymnastics learning method with a score of 86 very good categories. The data from the PJOK teacher's validation results for the circuit game-based floor gymnastics learning method with a score of 87 very good categories. For the field trial of the packaging aspect of the floor gymnastics learning method based on circuit games, the teacher at Darul Hijrah 2 Tahfidzul Qur'an Middle School in Pasuruan gave a response with a score of 58 good categories and the second teacher with a good score of 57 categories. Thus, it can be concluded that the product of developing a circuit game based floor exercise learning method for junior high school students is suitable for use by PJOK teachers.