Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Self-Regulation terhadap penurunan prokastinasi akademik siswa kelas Tujuh di SMPN 2 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan jenis pretest-posttest one group design dalam pemberian strategi self-regulation dengan menggunakan konseling kelompok. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang memiliki prokastinasi akademik tinggi. Analisis data ini menggunakan statistik non parametik dengan mengunakan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa ρ= 0,016 menunjukan lebih kecil dibandingkan dengan α=0,5. Dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak, sehingga ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi self-regulation dengan teknik konseling kelompok dapat mengurangi prokastinasi akademik siswa kelas VII SMPN 2 Sampang.
This study aims to determine the effect of the application of self-regulation on the decline in academic procrastination of seventh grade students in Public Middle School 2 sampang. This study used an experimental research approach (quantitative) with the type of pretest posttest one group design in the provision of self-regulation strategies using group counseling. The subjects of this study were 6 students who had high academic procrastination. This data analysis uses statistical non parametic by using the sign test. The results of the data analysis show that p = 0.016 shows smaller than a=0.5. Thus HA is accepted and H0 is rejected, so that there is a difference in students' academic procrastination between before and after treatment, it can be concluded that the implementation of self-regulation strategies to reduce the academic procastination students of 7th grade of junior high school 2 sampang.