STUDENTS’ WRITING COMPETENCE TOWARDS THE USE OF GOOGLE CLASSROOM IN LEARNING WRITING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi menulis siswa tingkat perguruan tinggi terhadap penggunaan Google classroom dalam pembelajaran menulis akademik bahasa Inggris untuk penutur asing yaitu kelas expository writing. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah lima belas orang yang terdiri dari mahasiswa sarjana dari salah satu universitas di Surabaya, Indonesia. Untuk mendeskripsikan kompetensi menulis mereka, rubrik penilaian menulis akademik digunakan untuk menganalisis tugas tertulis mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kompetensi menulis yang sangat baik terhadap penggunaan Google classroom sebagai media pemfasilitas pembelajaran menulis akademis. Namun, meskipun mayoritas siswa mendapat nilai yang sangat bagus, beberapa siswa kesulitan terutama pada aspek pengembangan ide logis dan juga model dan kualitas ekspressi yang digunakan dalam tugas tertulis mereka.
The purpose of this study was to describe students’ writing competence of tertiary level students towards the use of Google classroom in learning EFL academic writing course, namely analytical and expository writing class. There were fifteen participants in this study consisted of undergraduate students of certain university in Surabaya, Indonesia. In order to describe their writing competence, an academic writing assessment rubric was used to analyze their written assignments. The results showed that the majority of students had excellent writing competences on the use of Google classroom as a medium for learning academic writing. However, although the majority of students got very good scores, some students had difficulties especially in the aspects of developing logical ideas as well as models and quality of expression used in their written assignments.