Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Asesmen Pendidikan pada Database Google Scholar di Tahun (2015-2023)
Bibliometric Analysis: Trends in Educational Assessment Research on Google Scholar Databases in the Years (2015-2023)
Asasmen merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan, penelitian asesmen penting untuk mengembangkan ilmu dan kualitas pendidikan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian topik asesmen pendidikan pada database google scholar dan mengetahui topik yang jarang digunakan untuk sebagai acuan penelitian yang akan datang, metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan pendekatan bibliometrik, 200 literatur hasil aplikasi Publish or Perish (PoP) dilakukan proses screening untuk mengsotir artikel yang memiliki topik relevan dan bukan jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah 122 artikel yang telah melalui proses screening mayoritas dipublikasi di Indonesia dan 2 artikel Negara Malaysia, tren penelitian asesmen sangat fluktuatif pada setiap tahunnya dan pada puncaknya tahun 2021. Peneliti sering melakukan publikasi pada jurnal berstandar tinggi seperti akreditasi sinta dan terindeks scopus, peta hubungan bibliometrik kata kunci didapatkan melalui VOSviewer dengan 9 cluster dan peta hubungan bibliometrik judul dengan 4 cluster, densitas dari kedua peta bibliometrik menghasilkan topik dan judul yang sering digunakan serta jarang digunakan.
Assessment is important in the world of education, assessment research is important for developing science and the quality of education, the purpose of this study is to determine the research trend of educational assessment topics on the google scholar database and to find out topics that are rarely used as a reference for future research, the method used is a literature review with a bibliometric approach, 200 literature results from the Publish or Perish (PoP) application are screened to highlight articles that have relevant topics and are not journals. The results of this study are 122 articles that have gone through the screening process, the majority of which were published in Indonesia and 2 articles in Malaysia, the trend of assessment research fluctuates greatly every year and at its peak in 2021. Researchers often publish in high standard journals such as sinta accreditation and scopus indexed, keyword bibliometric relationship maps obtained through VOSviewer with 9 clusters and title bibliometric relationship maps with 4 clusters, the density of both bibliometric maps produces topics and titles that are often used and rarely used.