THE IMPLEMENTATION OF COLLABORATIVE WRITING TECHNIQUE IN TEACHING WRITING
Para siswa perlu menguasai kemampuan menulis dalam bahasa target. Menurut Petty & Jensen (1980: 399), aktivitas yang menciptakan opini dan pemikiran dalam bentuk tertulis disebut kegiatan menulis. Penulis membutuhkan ide, pemikiran, dan perasaan untuk membuat karya tulis. Menulis dianggap sulit untuk dikuasai oleh siswa karena mereka jarang mengungkapkan idenya dalam tulisan berbahasa Inggris yang sesuai dan siswa menganggap bahwa tidak mudah untuk menulis teks dengan cara yang baik dengan waktu yang singkat. Dari alasan-alasan tersebut, peneliti menggunakan Teknik Menulis Kolaboratif yaitu, kegiatan menulis yang dilakukan secara kolaboratif. Ada tiga hal yang akan dianalisis: (1) Bagaimana penerapan Teknik Menulis Kolaboratif dalam mengajar menulis ?, (2) Bagaimana hasil komposisi menulis siswa menggunakan teknik menulis kolaboratif ?, (3) Bagaimana tanggapan siswa terhadap penerapan teknik menulis kolaboratif dalam mengajar menulis?
Terkait dengan pertanyaan-pertanyaan itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan peneliti menggunakan desain deskriptif. Selain itu, peneliti menggunakan instrument-instrumen sebagai beriku: catatan lapangan, daftar observasi, tugas menulis siswa, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dua kali observasi di X MIPA 4 SMAN 8 Surabaya untuk mengetahui penerapan teknik menulis kolaboratif dalam mengajar menulis untuk siswa sekolah menengah.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebagian besar komposisi tulisan siswa berada di level baik hingga rata-rata. Selain itu, wawancara menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penerapan teknik menulis kolaboratif. Para siswa sepakat bahwa teknik ini membantu siswa dengan berbagi ide dengan teman-teman mereka dalam menghasilkan ide-ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah cerita. Selanjutnya, siswa dapat membuat teks recount dalam waktu singkat. Para siswa juga menikmati kegiatan proses belajar-mengajar menggunakan teknik menulis kolaboratif. Kesimpulannya, menulis kolaboratif adalah teknik yang tepat untuk diterapkan untuk mengajar menulis.