Pada era globalisasi saat ini, keterampilan berbahasa merupakan bagian terpenting bagi individu dalam mencapai tujuan. Hal itu disebabkan manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan berkomunikasi. Sebab itulah, bahasa Indonesia mulai diminati oleh beberapa warga asing. Dalam berbahasa, perlu menguasai komponen keterampilan menulis yang di antaranya terdapat konjungsi, pola kalimat, dan lain-lain.
Penelitian ini memiliki tujuan mengukur keefektifan keberadaan tutor sebaya dalam keterampilan menulis kegiatan sehari-hari mahasiswa BIPA Unesa tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa BIPA Unesa dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, serta angket.
Dari hasil analisis data, dapat diketahui bahwa aktivitas mahasiswa dan pengajar ketika proses pembelajaran menulis kegiatan sehari-hari bersama tutor sebaya sangat efektif serta membantu mahasiswa dalam memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, dapat diketahui perbedaan setelah didampingi tutor sebaya yang dapat dilihat pada hasil belajar mahasiswa ketika menulis kegiatan sehari-hari. Hasil yang diperoleh yaitu = 0,05 dan db=14, yang berarti diterima dan ditolak. Kemudian, pada hasil respons mahasiswa dapat diketahui bahwa mereka sangat menyukai pembelajaran dengan tutor sebaya ketika pembelajaran keterampilan menulis materi kegiatan sehari-hari dari rerata angket sebesar 87,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan tutor sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis.
Kata kunci: tutor sebaya, keterampilan menulis, kegiatan sehari-hari
In this globalization era, language skills are the most important part for individuals to achieve goals. It is because people can not live without the need of communication. For this reason, Indonesian language or bahasa began to be sought by some foreigners. In language, some components that need to be overwhelmed in writing skill are conjunctions, sentence patterns, and others.
This study aims to measure the effectiveness of peer teaching in writing skills of daily activities BIPA Unesa students in academic year 2019/2020. Methods conducted in this research is mix methods with kind of experiment research. Subject of this research is BIPA Unesa students and the data collection techniques using observation, test, and questionnare.
Base on the data analysis, the result shows that the use of peer teaching in students daily activities writing skills is very effective. Moreover, it also helps students to understand the material very well. In additon, it can be seen from the differences which occured after students learn with their peer and students learning outcomes in writing daily activities. The results are = 0,05 and db=14, means that is accepted and the is rejected. Furthemore, the analysis of students responses shows that students is interested in learning with peer teaching methods when it comes to write about their daily activities from the average 87,5% . Therefore, it can be conclued that peer teaching is useful and effective for writing skills learning.
Keywords: peer teaching, writing skill, daily activity