Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting yaitu kemampuan motorik. Kemampuan motorik dibagi menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. Salah satu kegiatan untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak adalah melipat. Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A RA Bina Insan An-Najiyah Punggul Gedangan Sidoarjo dalam hal melipat masih kurang. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk melipat secara simetris, namun masih banyak anak melipat dengan hasil yang tidak simetris. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh tahapan melipat terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini menggunakan seluruh anak kelompok A di RA Bina Insan An-Najiyah dengan jumlah 30 anak. teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Kegiatan melipat kertas yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak dilakukan 5 kali tahapan.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan 6,57, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 9,83. Uji hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tahapan melipat kertas merupakan kegiatan yang lebih efektif digunakan sebagai proses pembelajaran melipat kertas pada anak kelompok A.
Kata Kunci: tahapan melipat kertas, kemampuan motorik halus.
One of the aspects of early childhood development is a very important i.e. motor ability. Motor skills are divided into two, namely gross motor and fine motor. One of the activities to stimulate fine motor ability of children is folding. Based on the results of observation on Group A RA Bina Insan An-Najiyah Punggul Sidoarjo Gedangan in terms of folding is still lacking. This is apparent when the children asked to fold symmetrically, but still many fold with results that are not symmetrical. This research aims to prove whether there is influence of the folding stage against fine motor ability in children's group a.
This research uses descriptive quantitative research with this type of research Pre-Experiment Design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. This research use the entire target group A at RA Bina Insan An-Najiyah with number 30. the technique of using the test data collection, observation and documentation. Paper folding activity used to stimulate fine motor ability of children carried out 5 times the stages.
Based on the average results of the study before treatment 6.57, while research results after treatment average 9.83. Testing the hypothesis through the wilcoxon test obtained the value of sig = 0.000 < alpha (0.05) so it was decided to reject Ho and receiving Ha. The results showed that tehapan paper folding is an activity that is used as a more effective learning process paper folding on group a.
Keywords: stages of paper folding, fine motor ability.