PERANCANGAN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TAPE KETAN SURABAYA
FEED INSTAGRAM DESIGN AS A PROMOTIONAL MEDIA OF TAPE KETAN SURABAYA
Tape Ketan Surabaya merupakan salah satu produsen jajanan tradisional di Kota Surabaya yang berdiri sejak tahun 2004. Produk yang dihasilkan yaitu tape ketan hitam, hijau, dan putih dalam kemasan yang dipasarkan secara offline maupun online. Namun, pada pemasaran secara online belum memenuhi target yang diharapkan, sehingga perlu media promosi yang sesuai, guna dapat mengenalkan produk pada khalayak. Maka dari itu rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah proses perancangan dan visualisasi feed Instagram yang dapat menjadi alternatif media promosi Tape Ketan Surabaya. Tujuan perancangan dapat mendeskripsikan proses perancangan serta memvisualisasikan desain feed Instagram untuk digunakan sebagai media promosi Tape Ketan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, menentukan strategi perancangan, dan mendeskripsikan proses perancangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama pemiliki usaha, melakukan observasi, dan mengumpulkan studi literatur. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis SWOT dan USP guna mendapatkan informasi terkait kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman produk serta keunikan produk. Kelebihan dan keunikan produk kemudian diterapkan menjadi konsep perancangan feed Instagram melalui tahapan visualisasi thumbnail, tightissue, dan final design. Dari penelitian ini dihasilkan feed Instagram sebagai media promosi utama, dan media promosi pendukung berupa kartu nama serta X-banner.
Tape Ketan Surabaya produces traditional snack called tape ketan, which are marketed offline and online since 2004. However, the online marketing has not met the expected target, so it needs an appropriate promotional media to introduce productseffectively. Through the process of feeds Instagram design, could be an alternative promotional media for Tape Ketan Surabaya. This research aims to describe the design process and visualize the Instagram feed to be used as a promotional media for Tape Ketan Surabaya. This study uses qualitative research methods through the stages of problem identification, accumulating data, data analysis, design strategies, and design process. Data was accumulated by interviewing the owner, observations, and literature studies. The data were analyzed using SWOT and USP analysis to obtain information related to the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of the product as well as the product’s uniqueness. The product’s strength and uniqueness are then applied to the design concept through the visualization stages, thumbnail, tight issue, and final design. From this research, an Instagram feed is generated as the mainpromotional media and business cards and X-banners as the supporting promotional media.