ABSTRAK
PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN SLAG BALL TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA
Nama : Muhammad Yusuf Nasyir
NIM : 15060464104
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Sasminta Christina Yuli Hartati, M.Pd.
Permainan merupakan suatu aktivitas dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK), yang di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter seperti disiplin, jujur, kerja sama, percaya diri, sportif, dan tanggung jawab.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran permainan slag ball terhadap pembentukan nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah eksperimen murni (true experiment) dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian ini masuk dalam kategori Repeat-Treatment Design.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, ada pengaruh pembelajaran permainan slag ball dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa di SMA Negeri 1 Puri . Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan dari aspek disiplin 32.36 %, kejujuran 17.64 %, kerja sama 32.36 %, percaya diri 32.35 %, sportif 100 %, dan tanggung jawab 47,06 %.
Kata kunci : Permainan Kecil, Nilai-nilai Karakter.
ABSTRACT
THE EFFECT OF LEARNING SLAG BALL GAME ON THE FORMATION OF STUDENT CHARACTER
Name : Muhammad Yusuf Nasyir
Identity Number : 15060464104
Study Program : S-1 Physical Education, Health and Recreation
Department : Physical Education
Faculty : Sports Science Faculty
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Sasminta Christina Yuli Hartati, M.Pd.
Slag ball game is one of the activities in physical education, sports and health. It embodiesseveral positive values such as discipline, honesty, cooperation, confidence, sportsmanship, and responsibility,
This study was conducted to find out whar ever there is an effect of learning slag ball game on the formation of student character in physical education, sports and health class in grade XI students of Public Senior High School 1 Puri Mojokerto. The research was a true experiment research with a descriptive approach. This research design include the Repeat Treatmen Design category.
Based on the results of data analysis, it is evident that learning slag ball game shapes the character of the students in Public Senior High School 1 Puri Mojokerto. It can be seen from the statistical analysis where there are increases in discipline (32.36%), honesty (17.64%), cooperation (32.36%), confidence (32.35%), sportsmanship (100%), and responsibility (47.06%).
Key Word : Small Game, Positive of Character.