PENGARUH IMPLEMENTASI SMART FARMING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS 4 SEKOLAH DASAR
THE EFFECT OF INTEGRATED SMART FARMING IMPLEMENTATION WITH STEAM ON THE LEARNING OUTCOMES OF GRADE 4 NATURAL SCIENCES IN ELEMENTARY SCHOOL
Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) telah menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan, mengedepankan tidak hanya penguasaan pengetahuan, tetapi juga nilai dan keterampilan yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan pendekatan STEAM melalui kegiatan Smart Farming terhadap pencapaian hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV di sekolah dasar. Dua tujuan penelitian yang dikemukakan melibatkan pemahaman dampak penerapan pendekatan STEAM pada hasil belajar IPA serta sejauh mana pembelajaran IPA dapat terwujud melalui aktivitas Smart Farming yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM. Metode eksperimen dengan pendekatan preeksperimental design one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Smart Farming terintegrasi STEAM memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Skor pretest rata-rata sebesar 52,67 meningkat secara signifikan menjadi 78,33 pada posttest, mengindikasikan potensi penerapan viii teknologi pembelajaran interaktif seperti Smart Farming terintegrasi STEAM untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa dalam konteks mata pelajaran IPA. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman efektivitas pendekatan STEAM, terutama ketika diimplementasikan dalam aktivitas Smart Farming, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kontekstual dalam mengatasi kendala pembelajaran pada tingkat SD. Tujuan penelitian yang terdefinisi dengan jelas memberikan arah yang lebih spesifik dan memberi dasar bagi perbandingan hasil penelitian dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : STEAM, IPA, Hasil Belajar, Smart Farming
In recent years, the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) approach has become a primary focus in the field of education, emphasizing not only the mastery of knowledge but also relevant values and skills in daily life. This research aims to explore the impact of implementing the STEAM approach through Smart Farming activities on the achievement of Natural Science (IPA) learning outcomes in fourth-grade students at elementary schools. The two stated research objectives involve understanding the impact of the STEAM approach on IPA learning outcomes and the extent to which IPA learning can be realized through Smart Farming activities integrated with the STEAM approach. The research employs an experimental method with a preexperimental design, specifically a one-group pretest-posttest approach. The findings indicate that Smart Farming activities integrated with STEAM have a positive impact on students' learning achievements. The average pretest score of 52.67 significantly increased to 78.33 in the posttest, indicating the potential of implementing interactive learning technologies such as Smart Farming integrated with STEAM to enhance students' x understanding and academic performance in the context of the IPA subject. This research contributes significantly to understanding the effectiveness of the STEAM approach, particularly when implemented in Smart Farming activities, to improve students' learning outcomes. The implications of this research can serve as a foundation for the development of more innovative and contextual learning methods to address learning challenges at the elementary school level. Clearly defined research objectives provide a more specific direction and a basis for comparing research results with the established goals.
Keywords: STEAM, Science, Learning Outcomes, Smart Farming