CHARACTER VALUES IN KIPPER'S GAME IN PJOK LEARNING CLASS VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 2 KEBOMAS
Permainan kipper ini merupakan Bentuk Permainan bola Kecil DENGAN teknik dasar dasar memukul, melempar, Dan Menangkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada nilai-nilai karakter permainan kipper pada Pendidikan PJOK siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebomas Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan pengamatan berulang desain perawatan berulang . Perawatan dilakukan sebanyak 2 kali dalam 4 kali pertemuan Pendidikan PJOK dengan memberikan permainan kipper’s . Pada pertemuan ke I pelaksanaan pre-test , Pertemuan ke II dan ke III pelaksanaan treatment Pendidikan PJOK dengan permainan kipper berupa gerak dasar permainan kipper yaitu lempar tangkap bola ( lempar tangkap ), dan pukulan bola ( batting ), Pertemuan ke IV dilaksanakan Pendidikan PJOK dengan permainan kipper’s yaitu pertandingan (playgame) serta melaksanakan post-test. Teknik dalam penelitian ini menggunakan cara observasi. Diperlukan metode analisis data statistik berupa persentase dikarenakan data yang di kumpulkan merupakan data kuantitatif, yaitu efektivitas penerapan permainan kipper’s untuk mengetahui nilai-nilai karakter siswa dalam Pendidikan. Subjek penelitan ini adalah siswa SMP 2 Kebomas. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa. Hasil observasi dapat disimpulkan jawaban sesuai rumusan masalah, yaitu ada nilai-nilai karakter siswa kelas VIII–I SMP Negeri 2 Kebomas Gresik dari permainan kipper’s berupa membantu teman agar bermain baik yang dibuktikan dengan nilai persentase yang mengalami peningkatan dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 dengan jumlah persentase 46,88% dipertemuan 1 dan 71,88% dipertemuanke 4. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh terhadap nilai- nilai karakter pada Pendidikan PJOK siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebomas Kabupaten Gresik pada nilai moral peduli dengan indikator membantu teman agar bermain baik.
Kata Kunci: karakter; permainan; kipper's
Kipper's game is a small ball game with basic techniques hitting, throwing and catching. This study aims to determine whether there are kipper game character values in the learning of PJOK for eighth grade students of SMP Negeri 2 Kebomas, Gresik Regency. This research is an experimental study, using an iterative observation design. The Treatment was carried out 2 times in 4 PJOK learning meetings by providing kipper's games. At the first meeting a pre-test was carried out, The second and third meetings were carried out with the PJOK learning treatment with the basic movements of the kipper's game, namely throwing-catching, and hitting the ball (batting). The fourth meeting was carried out oleh belajar PJOK dengan kipper ini permainan, yaitu mencocokkan (permainan anak-anak) dan membawa keluar yang post-test. The teknik di ini penelitian adalah dengan menggunakan observasi. Metode analisis data statistik persentase diperlukan karena data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP 2 Kebomas, sampel yang diambil sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa jawaban sudah sesuai dengan rumusan masalah, namely there are character values of students of class VIII-I SMP Negeri 2 Kebomas Gresik from the kipper's game, which is helping friends to play well it is evidenced by the percentage value that has increased from meetings 1, 2, 3, and 4 with a total percentage of 46.88% at the 1st meeting and 71.88% a tthe 4th meeting. The conclusion of this study shows that there is an influence on character values in learning PJOK class VIII SMP Negeri 2 Kebomas Gresik Regency on the moral value of caring with indicators of helping friends to play well.
Keyword: characters; games; kipper’s