IMPLEMENTASI PODCAST BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEBELAS
THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH PODCAST TO ENHANCE GRADE ELEVENTH STUDENTS' SPEAKING SKILLS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan podcast bahasa Inggris dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama dalam pengucapan, tata bahasa, kosa kata, kelancaran, dan pemahaman. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 36 orang. Kelompok tersebut diberikan pre- dan post-test. Untuk mengumpulkan data, tes berbicara diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan podcast bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas sebelas. Statistik SPSS digunakan untuk menganalisis data, khususnya dengan menggunakan uji sampel berpasangan. Nilai rata-rata post-test adalah (86,33), lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test (64,44). Skor t-test adalah -24,478 dan derajat kebebasan (df) adalah 35. Dengan demikian, podcast adalah alat pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dan inovatif di kelas bahasa Inggris, terutama dalam mengintegrasikan berbicara.
Kata Kunci: podcast, keterampilan berbicara, teknologi.
This study aimed to find out whether the implementation of English podcast in teaching and learning can enhance students’ speaking skill especially in pronunciation, grammar, vocabulary, fluency, and comprehension. There were 36 eleventh grade students from SMAN 3 Surabaya in the academic year 2020/2021 as the sample. The group was given pre-test and post-test. To collect the data, speaking tests were administered to students. The obtained data were analyzed by using paired sample t-tests. The result showed that the implementation of English podcast could enhance students’ speaking skills in eleventh grade students. SPSS Statistics was used to analyze the data, specifically by using paired sample test. The mean score of post-test was (86.33), which was higher than the mean score of pre-test (64.44). The t-test score was -24.478 and the degree of freedom (df) was 35. Accordingly, podcast was an effective and innovative technology-based learning tool in English classroom, especially in integrating speaking.
Keywords: podcast, speaking skills, technology.