PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION PADA KOMPETENSI MENGUKUR TUBUH BAGI SISWA KELAS X SMKN 1 JABON
IMPLEMENTATION OF DIRECT INSTRUCTION ON BODY MEASURING COMPETENCY FOR CLASS X STUDENTS OF SMKN 1 JABON
ABSTRAK- Model pembelajaran Direct Instruction adalah pembelajaran terstruktur dengan cara mengajar tahap per tahap, dipersiapkan untuk membantu siswa dalam belajar. Pembelajaran ini bersifat teacher centered . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Direct Instruction, 2) hasil belajar siswa pada penerapan model Direct Instruction , dan 3) respon siswa terhadap penerapan model Direct Instruction kompetensi mengukur tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dilaksanakan di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X Tata Busana 2 SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, tes dan angket, dengan instrumen lembar observasi, lembar tes pengetahuan dan kinerja, serta lembar angket respon. Melibatkan 2 orang observer. Teknik validasi instrumen menggunakan teknik judgment expert oleh guru mata pelajaran. Menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif dengan kategorisasi nilai serta menghitung rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks mencapai rata-rata 87,5% dengan kategori keberhasilan sangat tinggi, 2) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 87,5% dengan kategori sangat baik melebihi standar ketuntasan belajar klasikal yang berlaku yaitu 75%, 3) respon siswa mencapai rata-rata 93,4% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: mengukur tubuh, pembelajaran direct instruction.
ABSTRACT- Direct Instruction learning model is structured learning by teaching step by step, prepared to assist students in learning. This learning is teacher centered. The purpose of this study is to describe: 1) the implementation of the syntax of the Direct Instruction learning model, 2) student learning outcomes in the application of the Direct Instruction model, and 3) student responses to the application of the Direct Instruction model of body measuring competence. This research is descriptive research. Held at SMKN 1 Jabon Sidoarjo. The research subjects were 32 students of class X Fashion Design 2 SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Using data collection methods in the form of observation methods, tests and questionnaires, with instruments of observation sheets, knowledge and performance test sheets, and response questionnaire sheets. Involves 2 observers. The instrument validation technique uses expert judgment techniques by subject teachers. Using data analysis methods in the form of descriptive analysis with value categorization and calculating the average. The results showed that: 1) syntax implementation reached an average of 87.5% with a very high success category, 2) student learning outcomes reached 87.5% completeness with a very good category exceeding the applicable classical learning mastery standards of 75%, 3 ) student responses reached an average of 93.4% with a very good category.
Keywords: measuring the body, direct instruction learning.