PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA
DEVELOPMENT OF STEM-BASED E-BOOKS ON ECOSYSTEM MATERIALS TO TRAIN STUDENTS' SCIENCE LITERACY SKILLS
Pada abad 21 media pembelajaran dituntut berbasis teknologi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, salah satu upaya yang dilakukan yaitu membuat buku yang disajikan dalam bentuk elektronik atau dikenal dengan Electronic Book (E-Book). Pendekatan belajar STEM di dalamnya mencakup pembelajaran yang diajarkan bertumpu pada permasalahan yang muncul di kehidupan sehari-hari, STEM memandu siswa melakukan proses sains dengan melakukan kegiatan eksperimental. Peserta didik dituntut untuk belajar mandiri, dan memiliki kemampuan literasi sains dengan memanfaatkan sumber daya alam untuk menyeimbangkan interaksi makluk hidup, sehingga penting bagi peserta didik memiliki kemampuan literasi sains yang dapat membantu mereka untuk menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Science, Technology, Engineering, and Math. Kemampuan Literasi Sains dapat dilatihkan dengan buku ajar yang diterapkan disekolah. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan E-book. E-book berbasis STEM pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan Literasi Sains siswa yang layak secara teoritis dan empiris. Pengembangan E-book ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), tanpa tahap disseminate serta diuji cobakan terbatas pada 10 peserta didik kelas X IPA SMA di SMAN 1 WARU. Kelayakan teoritis diperoleh dari hasil validasi E-book yang dilakukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli Pendidikan, dan guru Biologi SMA menggunakan instrumen validasi. Kelayakan empiris atau kepraktisan diperoleh dari analisis respon peserta didik menggunakan angket respon peserta didik. Data hasil validitas dan kepraktisan penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu E-book berbasis STEM pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan Literasi Sains siswa yang telah dinyatakan layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis E-book mendapatkan hasil rata-rata persentase 98,92% dengan kategori sangat valid. Kelayakan empiris E-book mendapatkan hasil rata-rata persentase 99,27% dengan kategori sangat positif.
Kata Kunci: E-books, STEM (Science, Technology, Engineering, and Math), Ekosistem, Literasi Sains.
In the 21st century, learning media is required to be based on technology to improve the quality of learning, one of the efforts made is to make books presented in electronic form or known as Electronic Book (E-Book). Stem learning approaches include learning that is taught based on the problems that arise in everyday life, STEM guides students through the science process by conducting experimental activities. Learners are required to learn independently, and have the ability of science literacy by utilizing natural resources to balance the interactions of living beings, so it is important that learners have science literacy skills that can help them to analyze and solve problems related to Science, Technology, Engineering, and Math. Science Literacy Skills can be trained with teaching books applied in schools. This research has the aim of producing an E-book. STEM-based e-books on ecosystem materials to train students' theoretically and empirically feasible Science Literacy skills. The development of this E-book uses a 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate), without disseminate stage and limited to 10 students of grade X high school science at SMAN 1 WARU. Theoretical feasibility is obtained from the results of E-book validation conducted by material expert lecturers, education expert lecturers, and high school biology teachers using validation instruments. Empirical feasibility or practicality is obtained from the analysis of learners' responses using student response questionnaires. Data on the validity and practicality of this research were analyzed descriptively quantitatively. The result of this study is a STEM-based E-book on ecosystem materials to train students' Science Literacy skills that have been declared theoretically and empirically feasible. Theoretical feasibility E-book gets an average yield of 98.92% percentage with a very valid category. Empirical feasibility E-book gets an average yield of 99.27% percentage with a very positive category.
Keywords: E-books, STEM (Science, Technology, Engineering, and Math), Ecosystems, Science Literacy.