Pengembangan Handout Digital Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Pada Materi Pembuatan Desain Busana
Development of Digital Handout Based on Ibis Paint X Application on Fashion Design Making Material
Salah satu peran teknologi dalam pembelajaran adalah mempermudah guru dan peserta didik dalam mengakses berbagai sumber daya pendidikan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran merupakan kegiatan penggunaan atau penggabungan teknologi yang terencana dalam kegiatan pembelajaran di kelas sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Pada era transformasi digital, penggunaan media belajar konvensional pun kini kurang praktis digunakan. Seperti pada pembelajaran pembuatan desain busana, belum banyak handout digital yang mempelajari tentang penggunaan aplikasi gambar untuk kegiatan pembelajaran pembuatan desain busana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout digital berbasis aplikasi Ibis Paint X pada materi pembuatan desain busana dan mengetahui tingkat kelayakan handout digital yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan desain penelitian ADDIE. Hasil uji kelayakan oleh dua validator media memperoleh skor rata-rata sebesar 86.25% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil uji kelayakan oleh dua validator materi memperoleh skor rata-rata sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa handout digital yang dikembangkan sangat layak digunakan pada pembelajaran pembuatan desain busana.
One of the roles of technology in learning activities is to make it easier for teachers and students to access various educational resources. Technology integration in learning activities is a planned activity of using or combining technology in classroom learning activities to improve the quality of the learning process.In the era of digital transformation, conventional learning media became less practical to use. For instance, when learning how to make fashion designs, there were not many digital handouts available to study the use of drawing applications for learning activities to create fashion designs. To address this gap, this research aims to develop digital handouts based on Ibis Paint X. The research follows the ADDIE research design as part of its research and development (R&D) process. The results of the feasibility test by two media validators obtains an average score of 86.25% with very feasible criteria. The results of the feasibility test by two material validators obtains an average score of 95% with very feasible criteria. Based on the research results, it can be concluded that the digital handouts developed are very suitable for use in learning to make fashion designs.