CROSSWORD PUZZLE GAMES TO ENHANCE STUDENTS' VOCABULARY MASTERY
Keterampilan berbahasa pertama yang harus dikuasai ketika belajar bahasa Inggris adalah kosakata. Faktanya, penguasaan kosakata masih kurang karena rasa ingin tahu mereka masih rendah dan mereka menganggap mempelajari kosakata tidak menarik dan tidak terlalu penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran “Crossword Puzzle Game” efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas X di MAN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kolaboratif yang bekerja sama dengan salah satu guru bahasa Inggris. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan pre-test, post-test, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai siswa pada pre-test sebesar 41,90 dan rata-rata nilai siswa pada post-test sebesar 76,67. Rata-rata nilai post-test siswa lebih tinggi (34,77) dibandingkan pre-test. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teka-teki silang meningkatkan kosa kata siswa secara signifikan. Hasil uji normalitas pada penelitian ini menunjukkan bahwa data normal didukung dengan menggunakan uji sampel berpasangan untuk menguji hipotesis. Hasil uji sampel berpasangan adalah Asymp. tanda tangan. 2 tailed atau nilai probabilitas pre-test dan post-test sebesar 0,000. Nilai ini lebih rendah dari alpha α 0,05, Artinya hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas X yang signifikan di MAN 1 Gresik. Dalam wawancara dengan siswa untuk mengetahui perspektif siswa mengenai pengalamannya dalam menggunakan media permainan teka-teki silang yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata. Mereka mengatakan bahwa dengan membiasakan melihat atau mengenali kosa kata baru yang mereka temui; akan lebih mudah bagi mereka untuk mengingat kosakata dan membuat pembelajaran kosakata bahasa Inggris menjadi efektif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa penggunaan “Crossword Puzzle Game” dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata.
Kata kunci: Crossword puzzle game, penguasaan kosakata.
The first language skill that must be mastered when learning English is vocabulary. However, the vocabulary mastery of one class of MAN 1 Gresik is still lacking because their curiosity is still low and they consider learning vocabulary uninteresting and not very important in learning. This research aims to find out whether the use of the learning media "Crossword Puzzle Game" is effective in increasing the vocabulary mastery of class X students at MAN 1 Gresik. This research applied a collaborative action research design in collaboration with one of the English teachers. For data collection, this research used pre-tests, post-tests, and interviews. The data obtained was analyzed using SPSS (Statistical Package for Social Science). The results of this research are that the mean student score in the pre-test is 41.90 and the mean student score in the post-test is 76.67. The students' mean post-test score was higher (34.77) than the pre-test. This shows that the use of crossword puzzles increases students' vocabulary significantly. The results of the normality test in this study show that the data is normal. A paired sample test was used to test the hypothesis. The results of the paired sample test are Asymp. sig. 2-tailed pre-test and post-test probability values of 0.000. This value is lower than alpha α 0.05, This means that the research hypothesis is accepted, that there is a significant increase in the vocabulary mastery of class X students at MAN 1 Gresik. In interviews with students to find out students' perspectives on their experiences in using crossword puzzle game media which can improve vocabulary mastery. They said that by getting used to seeing or recognizing the new vocabulary they encounter; it is easier for them to remember the vocabulary and make learning English vocabulary effective and enjoyable. Based on the results above, it shows that using "Crossword Puzzle Game" can help students improve vocabulary mastery.
Keywords: Crossword Puzzle Game, Vocabulary Mastery.