Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban
Promotion media design Batik Abhista Tuban
Batik Abhista adalah sebuah perusahaan yang berada di Tuban, Jawa Timur, tepatnya beralamat di Desa Mandirejo RT 003, RW 006 Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Perusahaan ini memproduksi batik dengan berbagai jenis, seperti daster, kaos oblong, kaos berkerah, dan lain-lain. Awal berdirinya Batik Abhista adalah meneruskan usaha orang tua. Selama ini pemasaran Batik Abhista kalah dari kompetitor yang lain karena kurang dikenal oleh masyarakat luas dan belum memanfaatkan media promosi offline maupun online yang mana ditempatnya masih belum memperlihatkan media promosi yang terpajang hanya tertulis nama perusahaan saja. Oleh sebab itu dapat diambil rumusan masalah yaitu, bagaimana konsep perancangan media promosi Batik Abhista Tuban, bagaimana perancangan media promosi Batik Abhista Tuban.Metode perancangan awal survey ke lokasi yang berada di Tuban, Jawa Timur, sumber data yang diperoleh diambil melalui wawancara narasumber untuk sumber data yang tertulis. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian berupa karya desain meliputi brosur, x-banner, feed instagram, dan spanduk. Awal proses perancangan desain yaitu membuat thumbnail kemudian dilanjutkan ke proses membuat desain tighttissue di aplikasi Corel Draw. Setelah selesai tahap terakhir dilanjutkan ke tahap akhir final desain. Diharapkan perancangan desain ini dapat menghasilkan media promosi komunikatif sehingga diterima oleh masyarakat.
Keywords: Perancangan, Promosi, Batik, Abhista
Batik Abhista is accompany at Tuban, East Java, exacty in Mandirejo Village, RT 03, RW 06 Merakurak districts, Tuban district. The company to produce many kinds, such as house dress, T- shirts, collar shirt, etc. The beginning Batik Abhista is acontinue try from parents too made batik. Since to marketing batik Abhista not good, because it is not good to promotion, so it is not famous. Method planning early survey to location at Tuban, East Java, source data to get interview form write. To collect data by interview, observasi and documentation. Method to analysize data to use analysize swot Result design work like this, brosur, X-banner, feed Instagram and the banner. First to make palnning process design : to make thumbnail in application Corel Draw. After that to review design to validator for to make well design, then to step finally design. To hoped planning design can use to media promotion comonicative and it can received to general public.
Keywords: Planning, Promotion, Batik, Abhista