SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN AKADEMIK ANAK BERISIKO
SELF REGULATED LEARNING STRATEGY TO IMPROVE ACADEMIC SKILL FOR CHILDREN WITH RISK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran strategi regulasi diri yang diterapkan pada anak berisiko. Model ini memiliki keunggulan karena menekankan rasa tanggung jawab dan otonomi diri sendiri, selain itu model pembelajaran merupakan kompilasi dari keterampilan akademik serta pengendalian diri. Dalam penelitian ini digunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literature terkait sebagai sumber data. Tahapan kegiatannya: pertama merumuskan masalah penelitian, dilanjutkan dengan ulasan tentang strategi regulasi diri yang dikaitkan dengan karakteristik anak berisiko. Penelitian yang serupa juga diulas untuk menyusun strategi yang tepat dalam menjalankan strategi regulasi diri terhadap pembelajaran anak berisiko. Hasil penelitian serupa menjelaskan bahwa strategi regulasi diri efektif untuk meningkatkan kemampuan akademik anak jika dilakukan sesuai dengan tahapan yang sesuai dan faktor pendukung.
Kata Kunci: ulasan, strategi regulasi diri, anak berisiko
This study aims to analyze the self regulated learning model applied to children with risk. This model has an advantage because it emphasizes a sense of responsibility and self autonomy, beside that self-regulation is compilation from academic skill and aoutonomy self. This research used review systematic method with summarizing prosedures, review and analyze research data from previous related research. The step of this review is: formulate reaearch problem, explain many things about Self Regulation Learning and characteristics of children with risk. Previous related research also reviewed to formulating the right strategy for applied Self Regulated Learning at children with risk studies. Value of that study is Self Regulated Learning is effective to improve and upgrade academic skill, certainly must be done with the right step and support system.
Keywords: self regulated learning, children with risk