Adanya barang virtual semacam diamond dan juga skin yang bisa dibeli dalam permainan berbasis online, memunculkan fenomena bersifat negatif diantara para pemain, yaitu kecenderungan berperilaku konsumtif. Kontrol diri yang baik akan dapat meminimalkan tindakan konsumtif. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui korelasi antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada pemain game online. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional yang berarti akan mengungkap hubungan antar kedua variabel yang diteliti. Teknik sampling menggunakan teknik accidental karena populasi infinit, maka penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Malhotra dan didapatkan sampel penelitian adalah 260 pemain, dengan sampel tryout 60 pemain. Skala kontrol diri dan Skala perilaku konsumtif digunakan, dengan analisis korelasi Pearson melalui JASP. Hasilnya, terdapat hubungan signifikan <0,001 (p<0,05) dengan skor koefisien korelasi -0,538, artinya ada hubungan cukup kuat dan bersifat negatif, semakin baik atau tinggi kontrol diri yang dimiliki, maka perilaku konsumtif akan semakin rendah, begitupun sebaliknya.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, Pemain Game Online
The existence of virtual goods such as diamonds and skins that can be purchased in online games, creating a negative phenomenon among players, namely consumer behavior tendencies. Good self-control will be able to minimize consumerism. This study aims to find out the correlation between self-control and consumer behavior in online gamers. The method used in the research is quantitative with correlational techniques which means to reveal the relationship between the two variables studied. The sampling technique uses accidental techniques because of the infinite population, then determining the number of samples using the Malhotra formula and obtaining the research sample is 260 players with a sample for tryout is 60 players. The self-control scale and the Consumer Behavior Scale are used, with Pearson's correlation analysis through JASP. As a result, there is a significant relationship <0,001 (p<0,05) with a correlative coefficient score of -0,538, meaning that there are strong enough and negative relationships, the better or higher self-controlled you have, then consumer behavior will be lower, and viceversa.