Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 16 Surabaya menggunakan buku paket sebagai satu-satunya bahan ajar pada proses pembelajaran ekonomi. Selain itu minat membaca peserta didik terhadap buku paket dengan tujuan untuk mempelajari materi ekonomi masih cukup. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku saku sebagai pendukung bahan ajar mata pelajaran ekonomi dan untuk meningkatkan minat membaca peserta didik. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan peneliti adalah model 4-D dengan subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil validasi buku saku sebagai pendukung bahan ajar ekonomi dari ahli materi sebesar 88,33%, ahli media 100%, ahli grafis 82,8 %, dan respon peserta didik sebesar 96%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku memiliki kriteria sangat layak dan memiliki respon yang sangat baik dari peserta didik. Presentase hasil minat membaca peserta didik meningkat dari 48% dengan kriteria cukup menjadi sebesar 63% dengan kriteria tinggi.
Kata kunci: buku saku, bahan ajar, minat membaca
The background of the research conducted by the authors is the students of class XI IIS 1 Surabaya 16 SMA using textbooks as the only teaching material in the economic learning process. In addition, students' interest in reading textbooks with the aim of studying economic material is still sufficient. The purpose of this development research is to produce a product in the form of a pocket book as a support for teaching materials for economic subjects and to increase interest in reading students. The type of development research used by researchers is the 4-D model with 20 research subjects. Data collection techniques used interview methods and questionnaires while data analysis techniques used qualitative and quantitative data analysis.
The results of the validation of pocket books as supporters of economic teaching materials from material experts amounted to 88.33%, 100% media experts, 82.8% graphic experts, and students' responses amounted to 96%. So it can be concluded that pocket books have very decent criteria and have a very good response from students. The percentage of students' interest in reading increases from 48% with sufficient criteria to 63% with high criteria
Keywords: pocket books, teaching materials, interest in reading