Keterampilan membaca permulaan merupakan salah satu keterampilan yang termuat pada bidang studi Bahasa Indonesia. Penerapan model pengalaman berbahasa dalam pembelajaran merupakan komponen utama pada kegiatan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan di SDN Somoroto 1 Ponorogo belum pernah menggunakan model pengalaman berbahasa dan siswa kelas I mengalami beberapa hambatan dalam aspek membaca permulaan. Maka dari itu, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pengalaman berbahasa dalam keterampilan membaca permulaan, mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca permulaan dengan model pengalaman berbahasa, mendeskripsikan temuan-temuan yang ada dalam proses penerapan model pengalaman berbahasa dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Somoroto I Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes praktik, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik observasi menggunakan lembar observasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Teknik tes menggunakan lembar tes praktik membaca teks pendek berdasarkan aspek penilaian berupa ketepatan lafal, ketepatan intonasi, kelancaran membaca, kejelasan suara, dan membaca utuh. Teknik catatan lapangan menggunakan lembar catatan lapangan yang sudah disediakan dan diisi dengan temuan-temuan yang ada pada pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Teknik dokumentasi menggunakan hasil foto dan video saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan membaca permulaan berlangsung. Analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sumber data dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas I SDN Somoroto 1 Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pengalaman berbahasa dalam keterampilan membaca permulaan diperoleh presentase sebesar 91,7%. Tes praktik membaca teks pendek diperoleh nilai rata-rata 78,3. Melalui ketercapaian tersebut, model pengalaman berbahasa dalam pembelajaran keterampilan membaca permulaan di SDN Somoroto 1 Ponorogo dapat memenuhi syarat dalam pembelajaran khususnya kelas I.
Kata Kunci: membaca permulaan, model pengalaman berbahasa
Early Reading Skills is one of skills which is in Indonesian subject. The application of a language experience model in learning is a major component of learning activities. Implementation the learning of early reading skills in Elementary School of Somoroto 1 Ponorogo had never used a direct language experience model and the students in first grade had some obstacles in early reading aspect. Therefore, a study was conducted because of the aim is to: (1) describe the process of applying a language experience model in early reading skills for first grade students at Elementary School of Somoroto I Ponorogo; (2) describe the learning results of early reading skills with language experience model in first grade students at Elementary School of Somoroto 1 Ponorogo; (3) describe the research findings in the applying process of language experience model in early reading skills of first grade students at Elementary School of Somoroto I Ponorogo.
This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques in this study by using observation, practice tests, field notes, and documentation. Data analysis consists of data reduction, data presentation, and conclusion or verification. Sources of data are 26 first grade students at Elementary School of Somoroto 1 Ponorogo.
The results showed that the learning implementation by applying language experience model in early reading skills obtained a percentage of 91.7%. The practice test for reading short texts obtained an average value of 78.3. Through this achievement, language experience model in learning the early reading skills at Elementary School of Somoroto 1 Ponorogo that students can fulfill the requirements in learning especially in first grade.
Keywords: early reading, language experience models