Seiring perkembangan zaman, generasi baru semakin membutuhkan pendidikan sebagai bekal hidup. Kenyataan bahwa menempuh pendidikan juga membutuhkan biaya membuat mahasiswa mencari pekerjaan paruh waktu untuk mencukupi kebutuhan. Namun terkadang karena kurangnya manajemen waktu yang baik, mahasiswa cenderung melupakan kewajibannya belajar sehingga prestasi akademiknya menurun. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kerja paruh waktu dengan prestasi akademik mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kerja paruh waktu. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi akademik mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian populasi dimana 56 mahasiswa yang bekerja paruh waktu dari Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015 yang menjadi obyeknya. Analisis data menggunakan metode analisis korelasi Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara kerja paruh waktu dan prestasi akademik dengan ditunjukkan pada Uji-T yaitu 0,013 < 0,05. Selain itu dengan analisis korelasi Karl Pearson menunjukkan angka 0,330 yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup tinggi.
Kata Kunci : Kerja paruh waktu, prestasi akademik.
Along with the times, the new generation increasingly needs education as a provision of life. The fact that taking education also requires a fee to make students look for part-time work for their needs. But sometimes due to lack of good time management, students tend to forget their learning activities so that their academic performance decreases. The existence of this study aims to determine the relationship between part-time work and student academic achievement. The independent variable in this study is part-time work. While the dependent variable in this study is student academic achievement. The study was conducted with a population research method in which 56 students who worked part time from 2015-enrollment-year student State University of Surabaya Economic Education Department were the object. Data analysis using Karl Pearson correlation analysis method. The results showed that there was a significant relationship between part-time work and academic achievement as shown in the T-Test of 0.013 <0.05. In addition, the Karl Pearson correlation analysis shows a number of 0.330 which indicates a fairly high relationship.
Keywords: part time work, academic achievement