Pembelajaran Sentra Pasar Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Market Center Learning in Stimulating Early Childhood Social And Emotional Development
ABSTRAK
Shanty, Lenny Andriani. 2022. Pembelajaran Sentra Pasar Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd. dan (II) Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.
Kata-kata Kunci : pembelajaran sentra, sentra pasar, sosial emosional
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional anak usia dini. Perkembangan sosial emosional sangat penting untuk anak usia dini sebagai penyeimbang kecakapan kognitif . Pembelajaran sentra pasar dapat diberikan sejak anak usia dini, agar anak mempunyai pilihan hidup yang lain ketika tumbuh menjadi dewasa, bahwasannya tidak hanya dalam bidang kognitif saja yang bisa mereka lakukan namun juga bidang yang lain. Perkembangan sosial emosional untuk mengembangkan kemampuan enterpreneurship bisa ditumbuhkan melalui pembelajaran berbasis sentra. Melalui pembelajaran berbasis sentra anak diajarkan cara menjadi enterpreneur secara sederhana. Adapun yang dipelajari dari pembelajaran sentra pasar yang bertemakan pengembangan sosial emosional yaitu (1) tertib menunggu giliran, (2) sabar menyepakati harga, (3) patuh menerima hak sesuai dengan kesepakatan.
Dalam penelitian pendekatan kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen Quasi Experimental dengan model nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung.
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan. Ketika diberi pembelajaran sentra pasar anak menjadi tertib menunggu giliran, lebih mandiri, lebih menghargai keputusan teman salah satunya untuk menyepakati harga. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model sentra pasar dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional pada kelompok B TK Prima Cendekia Islamic School Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.
ABSTRACT
Shanty, Lenny Andriani. 2022. Market Center Learning in Stimulating Early Childhood Social And Emotional Development. a Thesis, Program Studies of Primary Education for Early Childhood Education, Graduate Program, State University of Surabaya. Supervisor : (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd. and (II) Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.
Keywords : center learning , market day, social emotional
This research is aimed to analyze the social and emotional development of young learners. It is necessary for balancing the cognitive aspects. Market day centers can be conducted at an early age in order to give them choices in their life instead of only focusing on cognitive aspects. Besides, it supports social and emotional development. Through this method, the entrepreneurship is introduced in basic level. The social emotional aspects learned in this methods are : (1) being calm during the turn (2) being patient in price agreement(3) accepting the agreement.
The quantitative approach was used, namely Quasi Experimental with a nonequivalent control group model. Data collection was conducted through observation and documentation for secondary data.
Inline with the aim of the research, the result showed that there was a significant difference between the experiment and control group after the treatment. The experiment group became calm during the turn, showed more independence, and respected their peers e.g. price agreement. In conclusion, this method was able to stimulate the social and emotional development in group B Prima Cendekia Kindergarten Islamic School in Grogol, Kediri, Indonesia.