DAMPAK COVID 19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SDN JENGGOT TAHUN AJARAN 2020
THE IMPACT OF COVID 19 ON THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING AT SDN JENGGOT FOR THE 2020 ACADEMIC YEAR
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajarn daring, faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran daring dan juga mengetahui faktor pendukung implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 di sekolah dasar. Pembelajaran daring menuntut guru mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dari pembelajaran biasa saat luring, karena memerlukan kemampuan khusus dalam hal teknologi dan adaptasi situasi jarak jauh dengan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini pada dampak Covid 19 terhadap implementasi pembelajaran daring. Lokasi penelitian di SDN Jenggot, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Responden wawancara yaitu sejumlah 6 meliputi guru dan juga siswa dilibatkan untuk memperkuat hasil wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kajian literatur, observasi dan wawancara. Adapun keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi data agar data diyakini sebuah kebenaran atau fakta. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dalam mengkompilasi data hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini menunjukan bahawa guru memiliki standar keberhasilan yang tidak sama dengan guru lainnya, adapun faktor penyebabnya diantaranya adalah usia yang sulit dalam beradaptasi teknologi. Sedangkan guru lain yang junior mudah dalam beradaptasi dengan proses pembelajaran daring. Para guru yang menerapkan pembelajaran daring mampu mengoperasikan perangkat maupun software yang mendukung pembelajaran daring.
This study was to find out how the implementation of the online learning model is, the inhibiting factors for the implementation of online learning and also to find out the supporting factors for the implementation of online learning during the Covid 19 pandemic in elementary schools. Online learning requires teachers to prepare learning that is more creative than ordinary learning when offline, because it requires special skills in terms of technology and adaptation to remote situations with students. The type of research used is a type of qualitative research. The focus of this research is on the impact of Covid 19 on the implementation of online learning. The research location is at SDN Jenggot, Krembung District, Sidoarjo Regency. The interview respondents were a total of 6 including teachers and students who were involved to strengthen the results of the interviews. Data collection techniques using literature review methods, observations and interviews. As for the validity of the data using data manipulation techniques so that the data is believed to be a truth or fact. The data analysis technique uses descriptive data in compiling research data so that it can be concluded that this study shows that teachers have different standards of success with other teachers, while the causative factors include age which is difficult to adapt to technology. Meanwhile, other junior teachers are easy to adapt to the online learning process. Teachers who apply online learning are able to operate devices and software that support online learning.