Penelitian ini dilatar belakangi
oleh hasil observasi di SMKN 2 Surabaya bahwa dalam proses pembelajaran peserta
didik lebih termotivasi dan antusias apabila dalam pembelajaran digunakan media
pembelajaran daripada sistem pembelajaran yang monoton atau teacher center . Dengan menggunakan e-book sebagai media pembelajaran
diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang
layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan
kepraktisan.
Penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan
masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5)
revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Surabaya. Pada
penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tingkat kelayakan e-book interaktif pada aspek validitas dinyatakan sangat
layak dengan hasil rating sebesar
79%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar
akhir siswa didapatkan th 22,653 > ttabel
1,70 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil
belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan
aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis
dengan hasil rating sebesar 89%.
Berdasarkan hasil penelitian
tersebut diketahui bahwa e-book interaktif
ini layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam
proses pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi
SMKN 2 Surabaya.
Kata Kunci: Media
Pembelajaran, e-book interaktif, validitas, efektifitas, kepraktisan.
This research
is motivated by the observation results at Surabaya 2 Vocational High School
that in the learning process students are more motivated and enthusiastic when
learning media is used rather than a monotonous learning system or teacher
center. By using e-books as learning media it is expected to provide solutions
for teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce
appropriate learning media. Feasibility in this case refers to aspects of
validity, effectiveness, and practicality.
This research is a type of development research
consisting of 7 steps: (1) potential and problems; (2) data collection; (3)
product design; (4) product validation; (5) product revision; (6) product
trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of
class XI TAV 1 SMK Negeri 2 Surabaya. In this study the trial design used was a
one-shot case study.
The results showed that the feasibility level of
interactive e-books on aspects of validity was stated to be very feasible with
a rating of 79%. Aspect of effectiveness which is viewed from student learning
outcomes. From the test results of the final student learning results obtained
22.653> t table 1.70 with a significance level of 0.05, so that it can be
concluded that the average final student learning outcomes are greater or equal
to the KKM. And practicality aspects which are viewed from student responses
are stated to be very practical with a rating of 89%.
Based on the results of these studies it is known that
this interactive e-book is suitable to be used as one of the media to support
student learning in the learning process in the Engineering Television and
Radio System subject of SMK Negeri 2 Surabaya.
Keywords : Learning Media, interactive e-book, validity, effectiveness, practicality.