Fenomena Perilaku Belanja Menggunakan SPayLater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ekonomi
The Phenomenon of Shopping Behavior Using SPayLater and Its Impact on the Lifestyle of Economics Students
Globalisasi mendorong dunia semakin maju terutama pada bidang teknologi, pada era saat ini teknologi sudah berkembang pesat dibuktikan dengan lahirnya Financial Technology (fintech) salah satunya yakni SPayLater. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perilaku berbelanja online dengan menggunakan fitur SPayLater pada remaja khususnya pada mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunkan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunkan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian didaptkan dari wawancara narasumber dan juga menggunakan perbandingan studi terdahulu. Gaya hidup serta pengaruh sosial berpengaruh terhadap penggunaan SPayLater dan juga berpengaruh terhadap perilaku berbelanja Mahasiwa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Surabaya bagi mereka yang cenderung suka berbelanja dengan adanya SpayLater ini membuat gaya hidupnya semakin konsumtif, serta penggunaan SPayLater karena adanya pengaruh sosial yang bersumber dari teman dan iklan.
Globalization is pushing the world to be more advanced, especially in the field of technology, in the current era technology has developed rapidly as evidenced by the birth of Financial Technology (fintech), one of which is SPayLater. This study was conducted to find out more about online shopping behavior using the SPayLater feature in adolescents, especially students of the Department of Economics, State University of Surabaya. This study uses a qualitative descriptive research method using a phenomology approach. The results of the study were obtained from interviews with sources and also used comparisons of previous studies. Lifestyle and sosial influences affect the use of SPayLater and also affect the shopping behavior of students of the Department of Economics, State University of Surabaya for those who tend to like shopping with SpayLater making their lifestyle more consumptive, and the use of SPayLater because of sosial influences that come from friends and family. advertisement.