Visualisasi adalah proses mental dalam membangun, menginterpretasi gambar atau objek dan mengkomunikasikan ide yang ada dalam pikirannya. Visualisasi ini dideskripsikan bedasarkan empat aspek yaitu generation, inspection, transformation, dan use. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil visualisasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Unesa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 bulan November.
Pada penelitian ini terdapat dua jenis tes yaitu tes kemampuan matematika (TKM) dan masalah geometri (MG). TKM dan MG divalidasi oleh satu dosen geometri Unesa, satu dosen geometri UNG serta guru matematika SMP Labschool Unesa. Sebelum digunakan, MG diuji keterbacaannya oleh dua siswa kelas IX yang bukan subjek penelitian. Setelah itu, sekelompok siswa yang terdiri dari 24 siswa diberi TKM. TKM dinilai berdasarkan pedoman penskoran. Dari hasil TKM diperoleh 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika setara. Kedua siswa tersebut juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik berdasarkan informasi guru dan diamati secara langsung oleh peneliti. Setelah itu, kedua siswa diberikan MG yang dilanjutkan wawancara sebanyak dua kali dengan jangka waktu enam hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek generation khususnya membuat gambar dari permasalahan yang diberikan, siswa laki-laki membuat gambar dengan melakukan pemrosesan informasi dengan cara mencoba-coba dan mengikuti urutan kalimat pada permasalahan yang diberikan. Selanjutnya pada aspek generation khususnya mengenali objek visual yang dibuat pada masalah nonkontekstual maupun kontekstual siswa laki-laki mengenali sebagian saja objek visual yang dibuat. Pada aspek inspection khususnya dalam menentukan aturan atau cara yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah, siswa laki-laki pada masalah nonkontekstual menentukan aturan atau rumus yang akan digunakan berdasarkan karakteristik gambar yang dibuatnya sedangkan pada masalah kontekstual siswa tidak menganalisis gambar dalam menentukan aturan dari gambar yang dibuatnya. Selanjutnya pada aspek inspection khususnya dalam memeriksa objek visual yang dibuatnya, siswa laki-laki pada masalah nonkontekstual mencermati keseluruhan bagian objek visual dengan memberikan identitas pada gambar sedangkan pada masalah kontekstual hanya mencermati sebagian objek visual dengan memberi identitas pada gambar yang dicermati saja. Pada aspek transformation, khususnya dalam mengubah objek visual dari suatu bentuk ke bentuk terkait untuk memperoleh penyelesaian, siswa laki-laki pada masalah nonkontekstual mengubah gambar dengan menitikberatkan pada bagian tertentu dari gambar. Sedangkan pada masalah kontekstual siswa mengubah gambar dengan tidak memperhatikan keterkaitan unsur dalam permasalahan. Selanjutnya pada aspek transformation khususnya memberi nama pada objek visual yang dibuat, siswa laki-laki pada masalah nonkontekstual memberi nama objek visual berupa tambahan unsur-unsur pada gambar secara detail sedangkan pada masalah kontekstual siswa tidak maksimal dalam memberi nama berupa penambahan unsur-unsur pada objek visual yang dibuat. Pada aspek use, siswa laki-laki menghubungkan gambar dengan hasil operasi pada masalah nonkontekstual dengan cara menunjukkan hasil luas yang dimaksud pada gambar. Sedangkan pada masalah kontekstual siswa laki-laki belum dapat menghubungkan hasil operasi dengan gambar dengan tepat karena menunjukkan dan mengarsir gambar yang tidak tepat sebagai luas yang dimaksud.
Siswa perempuan pada aspek generation khususnya membuat gambar dari permasalahan yang diberikan, pada masalah nonkontekstual siswa perempuan membuat gambar berdasarkan urutan kalimat dari permasalahan sehingga dapat menghasilkan dua gambar sedangkan pada masalah kontekstual membuat gambar sesuai maksud permasalahan dengan mengikuti urutan kalimat dari permasalahan. Pada aspek generation khususnya mengenali sifat-sifat dari objek visual yang dibuat dalam masalah non kontekstual maupun kontekstual siswa perempuan mengenali objek visual yang dibuat. Pada aspek inspection khususnya dalam menentukan aturan atau rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah, pada masalah nonkontekstual maupun kontekstual siswa perempuan dapat menentukan aturan atau rumus yang akan digunakannya berdasarkan gambar yang dibuatnya. Selanjutnya pada aspek inspection khususnya dalam memeriksa objek visual yang dibuat pada masalah nonkontekstual dan kontekstual yaitu siswa perempuan mencermati keseluruhan bagian dari objek visual yang dibuat secara detail. Pada aspek transformation khususnya dalam mengubah objek visual dari suatu bentuk ke bentuk terkait, siswa perempuan pada masalah nonkontekstual mengubah gambar dengan memperhatikan cara pembentukannya yang menitikberatkan pada beberapa bagian gambar. Sedangkan pada masalah kontekstual mengubah gambar dengan memperhatikan pembentukan yang menggunakan dan mengaitkan unsur-unsur pada gambar. Selanjutnya pada aspek transformation khususnya dalam memberi nama pada objek visual yang dibuat pada masalah nonkontekstual maupun kontekstual siswa perempuan memberi nama berupa tambahan unsur-unsur pada pada gambar secara detail. Pada aspek use, dalam menghubungkan gambar dan hasil operasi pada masalah kontekstual dan non kontekstual siswa perempuan menghubungkan hasil operasi dengan gambar dengan menunjukkan pada gambar dengan cara mengarsir gambar yang tepat sebagai luas yang dimaksud.
Visualization is a mental process in building, interpreting images or objects and communicating ideas related to visual information. This visualization is described based on four aspects, namely generation, inspection, transformation, and use. This study aims to describe the visualization profile of junior high school students in solving geometry problems viewed from gender differences. This research was done at SMP Lab School Unesa in the odd semester of the year 2018/2019 in November.
In this study there are two types of tests, namely the math ability test (TKM) and geometry problems (MG). TKM and MG were validated by one lecturer in geometry Unesa, one lecturer in UNG geometry and mathematics teacher at Unschool Labschool Middle School. Before being used, MG was tested for readability by two class IX students who were not the subjects of the study. After that, a group of students consisting of 24 students were given TKM. TKM is assessed based on scoring guidelines. The results of the TKM obtained 1 male student and 1 female student who had equivalent math skills. Both students also have good communication skills based on teacher information and are observed directly by the researcher. After that, the two students were given MG followed by interviews twice with a period of several days.
The results of the study showed that in the aspect of generation specifically drawing pictures of the problems given, male student made drawings by processing information by experimenting and following the sentence sequence on the problems given. Furthermore, in the aspect of generation, specifically recognizing visual objects made on non-contextual and contextual problems, he recognize only a portion of visual objects created. In inspection aspects, especially in determining the rules or ways that will be used to solve the problem, he on non-contextual problems determined the rules or formulas to be used based on the characteristics of the images made while on contextual problems students do not analyze images in determining the rules of the images his made. Furthermore, in the aspect of inspection, especially in examining visual objects that are made, he on non-contextual problems examined the whole part of the visual object by giving an identity to the image while in contextual problems only examine some visual objects by giving an identity to the image that is observed only. In the aspect of transformation, especially in changing visual objects from a form to a related form to get a solution, he on non-contextual problems changed the image by focusing on certain parts of the image. Whereas in contextual problems students change the image by not paying attention to the elemental linkages in the problem. Furthermore, in the transformation aspect, specifically giving names to visual objects created, he on non-contextual problems give names of visual objects in the form of additional elements in the image in detail, while in contextual problems student do not given the name in the form of adding elements to the object visuals made. In the aspect of use, he connected images to the results of operations on non-contextual problems by showing the broad results referred to in the picture. Whereas in contextual problems he have not been able to connected the results of operations with images correctly because he showed and shade images that are not exactly as broad as intended.
Female student in the generation aspect specifically drawn pictures of the problems given, on non-contextual problems she made drawings based on sentence sequences of problems so that she can produced two images while in contextual problems drawn images according to the intent of the problem by following the sentence sequence of problems. In the generation aspect specifically recognizing the characteristics of visual objects made in non-contextual and contextual problems she recognize visual objects created. In the aspect of inspection, especially in determining the rules or formulas that will be used in solving problems, in non-contextual and contextual problems she can determine the rules or formulas that will be used based on the images her made. Furthermore, on the inspection aspect, especially in examining visual objects made on non-contextual and contextual problems, she look at the whole part of visual objects that are made in detail. In the aspect of transformation, especially in changing visual objects from a form to a related form, she in non-contextual problems changed the image by paying attention to the way it is formed which focuses on several parts of the image. While the contextual problem changes the image by paying attention to the formation that used and links the elements in the picture. Furthermore, in the aspect of transformation, especially in given names to visual objects made on non-contextual and contextual problems, she given names in the form of additional elements in the picture in detail. In the aspect of use, in connected images and results of operations to contextual and non-contextual problems, she connected the results of operations with images by showed the image by shading the right image as the intended area.